Lebih Sulit Mana, Soal Olimpiade atau SBMPTN?

    Soal Olimpiade maupun SBMPTN merupakan soal yang tergolong sulit bagi sedikit banyak pelajar (termasuk saya, huft), tipe soal memiliki karakteristik yang sama, yaitu butuh kecepatan kerja dan  analisa yang kuat. 

Targetnya pun tak jauh berbeda, yang ikut Olimpiade butuh pengakuan dan peserta SBMPTN pun butuh pengakuan (berupa sertifikat) yang kelak bermanfaat untuk mendaftar ke perguruan tinggi.


Diantara sobat idnpedia pasti pernah bertanya-tanya, kira kira diantara soal Olimpiade maupun SBMPTN yang mana yang paling sulit?


Biar kalian ada gambaran, berikut kami lampirkan contoh soal Olimpiade maupun SBMPTN:

Contoh soal Olimpiade IMO 2019

Soal IMO biasanya sekitar 6 soal, dan dikerjakan dalam waktu 4 jam 30 menit. Satu soal sekitar 45 menit.


Soal SBMPTN (UTBK) tahun 2019 per mata pelajaran ada 20 soal, dikerjakan dalam waktu 22,5 menit. Satu soal hanya diberi waktu 1 menit lebih sedikit.


Lalu mana yang lebih sulit? Jawabannya jelas soal Olimpiade.

Tau kenapa? Olimpiade itu dirancang untuk para siswanya untuk menalar dan menganalisis tingkat tinggi, tapi bukan soal HOTS lho ya…


Olimpiade kalau ditakar dengan SBMPTN itu kira kira 10-25 kali lebih sulit daripada soal biasa maupun SBMPTN. Sebagai contoh lain, kita pakai soal IMO 2018 yang saya liat dan baca-baca:

Contoh Soal Olimpiade IMO


Bayangkan, butuh berapa jam otak anda untuk memproses semua itu? Pastinya ga sedikit, saya berharap soal yang seperti ini keluar dalam ujian harian, bisa-bisa not again please……


Bahkan, untuk membaca solutions nya butuh beberapa kali untuk mencerna sehingga paham, ya walaupun gak paham paham juga 😅😂.


Pantesan, saya melihat siswa yang pulang dari IMO, sama gurunya langsung diajar ke depan kelas ngajarin seluruh muridnya dan tau apa yang selanjutnya terjadi? Nilai raportnya menyentuh angka 100 dan dibebastugaskan dari PR. Sulit diawal tapi indah diakhir.


Coba bandingkan dengan soal SBMPTN Soshum 2019 ini :

Soal Matematika Saintek 2020


Menurut kami, ini terlihat mudah dan hanya perlu beberapa step untuk melakukannya, asalkan paham dengan konsep dan hitungan ini pasti akan cepat dalam menyelesaikannnya.


Soal SBMPTN ini membutuhkan waktu kira kira paling lama 10 menit untuk menyelesaikan, tergantung tingkat kesulitannya. Tapi, biasanya 1-5 menit juga kelar (tergantung orangnya).

Soal Olimpiade didesain hingga 5–6 solusi penyelesaiannya, maka dari itu jawabannya pasti akan membutuhkan minimal 8 lembar kertas folio untuk 6 soal dan 2 hari waktu pekerjaan dan soal olimpiade ini rata rata menyasarnya lebih ke teori Bilangan dengan cabang Aritmatika, serta teorema geometri dengan campuran fisika. Maka dari itu banyak yang bilang olimpiade matematika ini tergolong paling sulit karena mereka rata-rata kesulitan menerima logika baru yang tidak sesuai ekspetasi, dan tidak ada soal statistika dan peluang disini (untuk soal OSN dan IMO)


Berbeda lagi dengan soal SBMPTN yang lebih mengandalkan perhitungan daripada logika, jadi cenderung soalnya lebih mudah di manipulasi, dan semua cabang matematika yang diujikan dalam UN yaitu Aljabar, Kalkulus, Geometri, Trigonmetri, dan Statistika. Maka dari itu soalnya malah terkesan “lebih mudah”.

Kesimpulannya : soal sbmptn adalah versi advanced dari soal ujian nasional, rumit dan membingungkan juga, tapi masih lebih sulit soal olimpiade.


Okay sekian dulu pembahasan kali ini, untuk sobat yang sedang mempersiapkan diri mengikuti sbmptn bisa baca-baca artikel kami tentang ebook SBMPTN 2021. Semoga bermanfaat, Cheers. kal.

Baca Juga :   10 Trik Psikologi yang Berguna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *