5 Hal yang Perlu Diketahui Mahasiswa Informatika

       Informatika atau Ilmu komputer pada masa kini bertujuan untuk menyediakan sekumpulan orang berpengetahuan, terampil, selalu up to date sebagai profesional dibidang teknologi. Tak dipungkiri, jurusan ini makin istimewa dan menjadi primadona di mata calon mahasiswa bahkan para penyedia lapangan kerja.


Nah setelah sebelumnya update artikel tentang hal yang perlu diketahui mahasiswa baru, kesempatan ini kami kembali akan memberikan saran terkait dengan kehidupan sebagai mahasiswa baru khususnya Informatika dan Ilmu komputer dengan harapan dapat memberikan informasi dan ketertarikan yang lebih baik bagi sobat yang akan terjun ke jurusan ini


Okay biar nggak kelamaan, berikut beberapa  saran yang basic banget. Belum ngomongin soal pemilihan profesi. Bit technical, but. here we go.

1. Pelajari mata kuliah di semester awal dengan sungguh-sungguh.

Kerjain soal yang dikasih dosen dengan sungguh-sungguh, jangan takut gagal dan tarik benang merah dari tiap mata kuliah yang dosen berikan. error itu hal biasa, yang ga biasa itu yang ga pernah error. kamu mau jadi data sciencetist tanpa belajar kalkulus, metode numerik, matematika diskrit? wah ngimpi nih. coba, sekarang. kamu tanya diri sobat (bagi yang masih kuliah), kira-kira apa sih gunanya belajar matematika diskrit? selain untuk nambah-nambahin SKS dan bikin pusing.


“ngapain, belajar beginian? nodeJS is hype, MERNN (bagi yang ga paham MERN: Mongo,Express,React,Node)”


Apasih bedanya analitik dan numerik? kira-kira kenapa sih, komputer cocok pakai metode numerik? inget bahasa pemrograman itu tools, how it works itu yang terpenting.

Jangan terpaku sama crud-crud (ini istilah kayaknya hype banget di kampus lokal ya), kapan pinternya.


Pelajari OSI layer, biar kamu bisa debugging. kira-kira, kalo aplikasinya lelet. masalahnya ada di mana? transport layernya kah, application layer nya kah? atau apa? pelajari itu apa itu TCP/IP, apa hubungannya sama HTTP. apa itu web server? kerjanya ngapain sih? OOP itu gimana sih? kenapa sih perlu OOP? apa sih abstract class itu? kenapa sih ga pake interface aja? apa sih segment IP itu? apasih wildcard mask? kenapa perlu /28 kan ga masuk ke kelas manapun? subnetting itu ngapain sih sebenernya? ga ngerti subnet kok mau coba-coba jadi devops? emang dikira itu antar container ngobrol pake bluetooth?

Jangan tau ng serve/npm run serve aja.


Ini kami belum ngomong metodologi pengembangan perangkat lunak, belum ngomong scrum. belom ngomongin Big O. belum ngomongin sistem operasi (bukan sebatas install linux atau pull doker ya kisanak), belum ngomong transaction database (kenapa perlu begin, commit, rollback). Belum ngomong filosofi programming seperti functional, procedural dan oop. belum ngomongin bukunya om bob soal clean code (opsional sih, kalo gamau jadi programmer ga perlu baca).


Percayalah sobat, kamu perlu paham dasarnya dan semua yang kami jelaskan diatas adalah hal dasar. ketika kamu paham dasarnya dan paham cara pakainya, belajar yang baru akan jadi lebih mudah.

Kami belum singgung soal AOP, hateoas dan bla bla bla. panjang nanti, tunggu next artikel deh.


2. Basic coding itu cuman 3 hal. Tipe data, branching (if else, switch case), looping (dan operator pastinya). Jadi, kalau kamu bisa kuasain 3 hal itu. Maka kamu akan bisa coding.

Wah jawaban b*d*h ini, yang susah tu algoritma nya bla bla tinki winky

ya ya ya. bener kamu.

kamu tau tinju? apasih basic pukulannya?


  • jab
  • hook
  • cross
  • upercut
Baca Juga :   Mengenal Perbedaan Core dan Thread di Prosesor: Cara Kerja dan Fungsi
Baca Juga :   Soal Uji Kompetensi Kejuruan SMK TKJ 2017/2018

Bedanya petinju pemula sama pro apa sih? pukulannya kan itu-itu aja? pro tau kapan harus pake hook, cross,upercut dan jab. kapan harus gabung hook dengan jab. kapan harus pake upercut untuk bikin K.O musuh


Begitupun dengan programmer. programmer pemula tau, cara looping. tau if else. tapi gatau cara pakenya. gatau gimana caranya untuk nyelesaiin masalah dengan 4 hal tersebut. gimana cara untuk tau pakainya?


Ya latihan sobat, petinju itu kan juga nggak cuman baca teori, tapi langsung tanding, pukul-pukulan.


Kalau “pukul-pukulan” nya anak informatika ya disini https://tlx.toki.id/ nah, coba deh. rasakan untuk pukul-pukulan. jangan kaget kamu kalo kamu “digebukin” sama anak SMP. kamu akan sadar, disana 3 hal tersebut (tipe data,branching,looping) sudah cukup untuk menyelesaikan soal-soal yang diberikan.


3. Mulai belajar untuk learn, unlearn, relearn

Skill paling dasar untuk mahasiswa informatika. ga bisa ini? ya gapapa sih, tapi akan jadi lebih sulit aja kedepannya. Dunia IT itu berubah cepet banget, terlebih setelah javascript era. makin edun dunia IT ini, perubahan benar-benar cepat. lear, unlearn dan relearn adalah juru selamat.


Sobat hari ini jagoan Oracle RDBMS (relational database management system), terus mau belajar MongoDB? wah, kalo “topi” RDBMS nya ga dilepas dulu susah. ga boleh itu cara pikir RDBMS dibawa ke NoSQL. pusing kamu. karena beda prinsipnya. beda dasarnya. lepas dulu RDBMS nya, anggap kamu ga ngerti apa-apa soal database. baru belajar NoSQL. ini ga hanya di database aja, pun pemrograman.


4. Compete !!!!!

Ini sih opsional, tapi kalau diamalkan sangat baik. compete, ga hanya coding aja. dulu kayaknya saya pernah ikut gemastik untuk permainan bisnis, seru juga ini. kalau mau jadi business development atau product development analyst cocok banget. selain ngebuat kita keluarin 100% effort (biasanya kalau kompetisi akan lebih full effort dong, dibanding kerjain tugas kuliah? :p)


Ini akan ngukur kemampuan kamu sampai mana, sudah bisa bersaing belum dengan mahasiswa lain? kesalahan utama mahasiswa kampus gurem itu, ngerasa di kampusnya paling jago karena bisa crud. eh pas cari kerja bingung.


Kok saya bisa crud dikacangin ya?

Ternyata yang lain sudah bisa jauh dari crud, yang lain sudah ngomongin Open Authentication 2 (Oauth2), bisa crud tapi kok ga ngerti transaction database, situ mau bikin bangkrut company? mau crud transactional tapi engga mikirin acid? tau json web token kok gatau cara kerjanya?


5. Cari teman yang pas

Informatika ini adalah kampus yang lumayan banyak mahasiswa salah jurusannya. dikira informatika ini ketik-ketik di word apa, mau jadi admin kelurahan kali ya? xD

Nah, cari teman yang minatnya sama-sama belajar. kalo bisa malah yang lebih pinter dari kamu. salah pilih temen, kamu akan berakhir jadi penyumbang angka pengangguran terdidik.


Ini masih basic things. untuk penjurusan, misal sobat mau jadi tester, pengembang dan bla bla tinki winky yang hype deh pokoknya. beda bahasannya dan musti detail, jadi next artikel aja ya. Cheers, kal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *