Gudang di Atas Plafon Rumah, Apakah Bisa?

Dahulu, masyarakat memanfaatkan attic room hanya sebatas gudang saja, lambat laun seiring perkembangan urban lifestyle maka pengguna rumah memanfaatkan attic room sebagai kamar loh, bahkan jadi ruang kerja juga.

Apa yang dimaksud Attic Room?

Gudang (ruang) di atas plafon atau bahasa kerennya Attic room adalah ruangan yang berada tepat dibawah struktur atap, tujuannya untuk memaksimalkan ruang sekaligus jadi gudang tambahan. Umumnya penampakan attic room saat ini terlihat seperti ini.

Buat ruang di atas plafon

Mungkinkah Rumah di Indonesia menerapkan konsep Attic Room?

Sebelum memutuskan menjadikan loteng (attic) yang kosong sebagai ruang tambahan, yuk kenali hal hal berikut:

Hampir kebanyakan rumah-rumah di Indonesia masih menggunakan konsep arsitektur tradisional dan arsitektur vernakular

Perbandingan arsitektur tradisional dan arsitektur vernakular.

Baca Juga :   Download Ebook SBMPTN UTBK 2021 Lengkap

Melihat dari tabel diatas, tidak banyak perkembangan atau perubahan konsep bangunan rumah di Indonesia, hal ini menyebabkan kebanyakan rumah di Indonesia hampir semuanya serupa. Konsep attic room tidak dikenal pada masyarakat tradisional Indonesia karena memang kultur dan kondisi lokal tidak memerlukan dibangunnya sebuah attic room pada rumah tradisional Indonesia. Ruang gudang di rumah tradisional Indonesia umumnya masih satu lantai dengan lantai dasar kalaupun mempunyai bangunan terpisah dengan bangunan utama semacam lumbung kecil, itu pun elevasi lantainya hampir sama dengan lantai dasar.

Posisi Indonesia yang terletak pada daerah tropis.

Daerah iklim tropis akan terasa terik akibat dari melimpahnya sinar matahari di sepanjang tahun. Sinar panas matahari yang memapar atap bangunan akan ditahan pada ruang yang bisa dimanfaatkan sebagai attic room ini yang biasa kita kenal sebagai loteng. Ruang loteng ini berfungsi sebagai insulator radiasi panas matahari.

Buat Attic room
Buat attic room di rumah, mungkinkah

Terkadang ada beberapa gaya rumah di Indonesia yang menambahkan lagi ventilasi agar udara panas bisa dialirkan lagi ke arah luar, agar tdk terjadi penumpukan udara panas pada ruang loteng. Jikalau ruang loteng ini dialih fungsikan sebagai attic room atau bahkan sebagai loft, kemungkinan besar harus menambahkan unit AC untuk penyejuk udara di ruangan ini (ga semua masyarakat di Indonesia mampu membeli AC dan mau membeli AC utk ditempatkan pada bagian ruangan ini).

Struktur rangka atap pada kebanyakan bangunan rumah di Indonesia tidak memungkinkan untuk menjadikan loteng sebagai attic room.

Kembali melihat point pertama tentang hampir serupanya kebanyakan konsep rumah di Indonesia. Dimana struktur rangka atap yang paling sering digunakan yaitu sebagai berikut:

Struktur rumah Indonesia

Struktur rumah Indonesia

Adanya bracing atau balok pengaku, mempersempit potensi loteng sebagai attic room. Ditambah lagi dengan ketinggian balok penggantung yang umumnya hanya setinggi 2 meteran saja.

Gudang di Atas Plafon Rumah, Apakah Bisa?

Adanya batang tarik dan batang tekan juga menambah sempit ruang loteng. Gambar struktur rangka atap diatas adalah struktur rangka atap yang lazim digunakan pada bangunan rumah Indonesia.

Lantas bagaimana kalau kamu mau tetap membuat attic room, yaaa seperti ini nh:

contoh konsep attic room

Kamu harus menambah ketinggian balok penggantung yang dimana akan berakibat menambah besaran sudut kemiringan atap dan menambah ketinggian ruang loteng kamu. Umumnya rumah di Indonesia menggunakan sudut kemiringan atap sebesar 25 hingga 30 derajat saja.

Ketinggian bersih ideal attic room sebesar 6 meter dan kamu harus mengubah struktur rangka atap menjadi lebih mengakomodir ruang gerak di daerah loteng tersebut.

contoh konsep attic room


Jangan lupa, tambahkan AC, insulin aluminium dan genteng yang tebel, biar gak panas.

Menarik kan, jadi apa keputusan kamu? mau buat attic room juga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *