Bagaimana Internet Melintasi Lautan

    Kebanyakan yang kita lihat di Internet seperti musik, vidio, maupun game di transmisikan melalui bawah air. Fakta menariknya, 99% data di seluruh dunia dikirim melalui sekumpulan kabel bawah air yang melintasi samudra.

Kabel diseberangkan menggunakan kapal

Menurut Tespoin.com, metode ini sudah dilakukan sejak ratusan tahun silam, kala itu SS Great Eastern menjadi kapal pertama yang berhasil menarik kabel lintas samudra.

Internet Cross the Ocean

Kabel Backbone raksasa yang terdiri dari ratusan kabel fiber optic ditarik menggunakan kapal khusus, sekali perjalanan menempuh 200-500 km. lalu dipasang pelampung sementara biar gak langsung tenggelam.

Begini kira kira gambar kapal yang menarik kabelnya.

submarine cable

Setelah jalurnya dianggap pas, kabel ini lalu ditenggelamkan diantara gunung bawah laut, jika perlu kabel-kabel ini bisa dijangkau menggunakan drone atau kapal selam berawak. Namun jangan harap kamu bisa menemukannya, karena umumnya jalur kabel dirahasiakan, kabarnya sih menghindari spionase atau perusakan.

kapal yang menarik kabel bawah laut

Bagaimanapun juga, teknologi kabel bawah laut masih menjadi pilihan terbaik meski sudah ada satelit, terutama soal stabilitas dan keandalannya. Dengan desainnya yang super kuat, digigit hiu juga gak mempan. 

Penasaran gimana penampakan jalur kabel ini? berikut peta kabel seluruh dunia yang digambarkan oleh Oxford Internet Institut.

Global Internet Tube

Meski peta diatas disederhanakan (belum termasuk kabel bawah laut meksiko, china dan asia), tampak negeri Paman Sam yang paling terkoneksi dengan ribuan titik backbone dibawah laut, disusul Inggris, Nigeria, Senegal dan negara lainnya.

Sobat idnpedia juga bisa mengunjungi web submarinecablemap untuk melihat peta jalur kabel bawah laut secara live di seluruh dunia.

gambar jalur kabel lintar benua


Atau coba deh nonton video berikut yang menggambarkan secara jelas betapa menariknya teknologi ini.


Kesimpulan

Sangat sedikit data yang melintas melalui satelit, kebanyakan vendor memilih menggunakan kabel karena bandwith hampir tak terbatas dan biaya instalasi lebih murah.

Saat kamu membaca artikel disini, data yang ada dilewatkan melalui samudra dan daratan hingga bisa sampai ke hpmu.

Kamu dan 4.6 Milyar orang didunia yang mengakses Internet tiap hari, 99% datanya dilewatkan melalui samudra yang luas. 

Menarik kan? yuk jelajahi web ini dan temukan artikel gak kalah menarik lainnya. Cheers.

Baca Juga :   Panduan Konfigurasi Debian Server, Lengkap dengan Script dan Gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *