Mesin LHC dari CERN

Large Hadron Collider, Mesin Tercanggih di Dunia

Dunia telah berkembang secara dramatis dengan munculnya teknologi yang modern serta mutakhir. Dulu, kegiatan sangat dipengaruhi dengan seberapa banyak upaya dan sumber daya manusia yang dimiliki. Namun akibat perkembangan teknologi, semua hal jadi mudah, efisiensi tenaga juga mulai terjadi.

Saat ini, salah satu teknologi tercanggih yang menghebohkan adalah Large Hadron Collider (LHC) CERN yang berada di perbatasan Prancis-Swiss. Mesin yang berfungsi untuk eksperimen fisika partikel.

Baca Juga :   Alasan Rice Cooker Tahu Kapan Nasi Matang

Apa itu LHC?

LHC adalah akselerator partikel yang mendorong proton atau ion mendekati kecepatan cahaya. Mesin ini terdiri dari cincin magnet superkonduktor sepanjang 27 kilometer dengan sejumlah struktur percepatan yang akan meningkatkan energi partikel di sepanjang alurnya.

Kenapa disebut “Large Hadron Collider”?

“Large” mengacu pada ukurannya yang super besar, dengan keliling sekitar 27km.
“Hadron” karena mempercepat proton atau ion, yang termasuk dalam kelompok partikel yang disebut hadron.
“Collider” karena partikel dibentuk menjadi dua bagian yang bergerak ke arah berlawanan, dan dibuat untuk bertabrakan di suatu bagian dalam mesin.

Baca Juga :   Jawaban Tercerdas dari Anak Kecil

Pembuatan mesin ini melibatkan 100 negara, 10000 ilmuwan berbagai bidang dan ratusan unviersitas di dunia.

Biaya mesin ini sangat tinggi. Biaya awal pembuatannya sebesar $60 milyar (84 Trilliun rupiah – kurs 14000) dan biaya operasi setiap tahun sekitar 14 Trillion Rupiah.

Baca Juga :   Sejarah Terbentuknya Universitas Pertama di Dunia

Sebagian besar biaya ini ditanggung oleh negara-negara Uni Eropa dan 6 negara lain yaitu Amerika, Rusia, Jepang, Cina, Taiwan dan Kanada.

Mesin sebesar 27km ini dibuat untuk menabrakan partikel pada kecepatan 99% kecepatan cahaya, sehingga partikel tersebut pecah ke bahan-bahan dasarnya. Sejauh ini mesim tersebut telah menemukan partikel dasar Higgs-Boson dan menghasilkan 2725 karya ilmiah.

Baca Juga :   Apa Bahaya Vaksin Covid-19 dari China?

Ini ukurannya:

 

Bagaimana cara kerja LHC?

Sederhananya, akselerator partikel dalam CERN dikontrol oleh rangkaian mesin dengan level energi berbeda. partikel dipanaskan ke level tertentu lalu ditembakkan ke rangkaian mesin berikutnya. Lalu mesin berikutnya membawa partikel ke energi yang lebih tinggi.

Agar bisa mengakselerasi partikel ke 99% kecepatan cahaya mesin ini menggunakan puluhan ribu magnet super-conductor yang tersinkronisasi. Untuk mengoperasikan magnet super conductor sendiri sangat susah karena termpraturnya harus cryogenic (sekitar ‑271,3 ° C (1,9K)) -suhu ini lebih dingin daripada luar angkasa.

Baca Juga :   2 Cara Mengembalikan Windows Yang Hilang Dengan Mudah

Untuk menangkap hasil tabrakan partikel, mesin ini memanfaatkan ribuan sensor teknologi tinggi yang super sensitif.

Mesin inilah bukti bahwa dengan kerjasama umat manusia dapat menghasilkan hal-hal yang hebat. Mesin ini mengeksplorasi partikel partikel yang lebih kecil dari atom dan asal mula dunia.