Investasi untuk Anak Muda

Investasi untuk Anak Muda

Saat ini, salah satu gaya hidup yang dimiliki oleh anak-anak muda maupun para pekerja pemula adalah memiliki investasi pribadi. Jika dulu masyarakat menganggap bahwa hanya yang berusia matang saja yang bisa berinvestasi, maka sekarang tidak berlaku lagi karena anak-anak muda sudah bisa berinvestasi.

Berinvestasi ini memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat jangka panjang ketika melakukan investasi adalah meningkatkan nilai kekayaan anda. Sehingga ketika masanya tiba, hasil investasi tersebut dapat anda rasakan.

Apakah anak-anak milenial ini tau cara investasi untuk anak muda itu seperti apa? Jika anda penasaran maka simaklah ulasan berikut yang akan membahas mengenai cara investasi untuk anak muda.

5 Cara Investasi untuk Anak Muda

Memahami Konsep serta Risiko

Cara investasi untuk anak muda yang pertama adalah memahami konsep serta risiko dari investasi.

Salah satu cara pengelolaan finansial yang paling mudah adalah asuransi. Asuransi disarankan untuk hal-hal yang dapat menimbulkan risiko keuangan. Meskipun tidak semua hal dapat diasuransikan, namun ada asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang penting untuk anda miliki.

Mengapa dua asuransi tersebut penting? Karena anda tidak tahu kapan kedua hal tersebut terjadi, sehingga kalau hal tersebut terjadi maka anda sudah memiliki asuransi.

Lalu diantara dua jenis asuransi tersebut manakah yang lebih penting? Tentu saja baik kesehatan maupun asuransi jiwa sama pentingnya. Namun, jika anda belum sanggup untuk keduanya maka anda bisa memilih salah satu berdasarkan kebutuhan anda.

Memiliki Tujuan Keuangan

Cara investasi untuk anak muda yang berikutnya adalah memiliki tujuan keuangan yang jelas.

Bagaimana caranya? Anda harus membuat daftar tujuan keuangan yang hendak anda wujudkan melalui investasi. Dengan menentukan tujuan atau target dan strategi yang jelas tersebut maka cara investasi yang anda lakukan lebih terarah.

Anda dapat membagi tujuan keuangan menurut target waktu menjadi tiga. Pertama, tujuan keuangan untuk jangka pendek yang bisa anda capai dalam waktu kurang dari 3 tahun. Misalnya untuk DP rumah, liburan, dan lain-lain. Kedua, tujuan keuangan untuk jangka menengah yang bisa anda capai dalam waktu sekitar 3-5 tahun. Misalnya, anda memiliki target nikah 4 tahun lagi, dan lain-lain. Ketiga, tujuan keuangan untuk jangka panjang yang bisa anda capai dalam waktu lebih dari 5 tahun. Misalnya untuk dana pendidikan anak, dana pensiun, dan semisalnya.

Baca Juga :   Fakta Terbaru Koin IDM Buatan Asli Indonesia yang Mendunia

Menentukan Instrumen Investasi

Cara investasi untuk anak muda yang selanjutnya adalah menentukan instrumen investasi.

Jika tujuan keuangan sudah anda tentukan, maka saatnya anda menentukan instrumen investasi sesuai dengan target waktu yang sudah anda tentukan. Hal ini penting untuk mengetahui risiko instrumen investasi dengan keefektifannya dalam mencapai target.  Misalnya, jika anda ingin menyiapkan dana pernikahan sebesar 150 juta, maka anda harus memilih investasi instrumen yang memiliki risiko rendah seperti reksa dana.

Membuka Rekening untuk Investasi

Cara investasi untuk anak muda yang keempat adalah membuka rekening untuk investasi.

Jika anda berminat untuk investasi di pasar modal maka anda harus memiliki rekening investasi. Anda dapat membuka rekening melalui lembaga keuangan seperti perusahaan sekuritas, perusahaan manajer investasi, dan semisalnya sesuai dengan kebutuhan anda.

Ketika membuka rekening investasi, maka anda membutuhkan kartu identitas pribadi, nomor rekening bank, NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), mengisi formulir initial investment, dan lain-lain.

Menjalankan Investasi

Cara investasi untuk anak muda yang terakhir adalah menjalankan investasi. Ketika berinvestasi, maka anda perlu strategi yang tepat untuk membantu mengoptimalkan modal anda supaya bisa mencapai target investasi sesuai dengan tujuan keuangan yang anda miliki.

Selain itu, anda juga wajib untuk mengevaluasi secara berkala kinerja investasi anda minimal tiap semester. Pengecekan ini bisa anda lakukan melalui hasil investasi yang dikirimkan oleh manajer investasi maupun oleh sekuritas.

Demikian pembahasan mengenai cara investasi untuk anak muda. Bagi anda yang berminat untuk investasi maka penting yang harus anda miliki adalah kesiapan finansial.