Kisaran Gaji Lulusan S di Indonesia

Kisaran Gaji Lulusan S1 di Indonesia

Saat ini dikala banyaknya lulusan S1, mencari kerja menjadi gampang-gampang susah. Pasalnya anda harus bersaing dengan para lulusan S1 dari berbagai jurusan serta berbagai kampus, loh.

Terkadang memang mudah menemukan lowongan pekerjaan, akan tetapi yang sesuai dengan pertimbangan anda misalnya posisi, lokasi, gaji, dan lain-lain tentu saja tidaklah mudah. Apalagi jika anda masih fresh graduate atau baru saja lulus dan masih minim pengalaman. Sehingga gaji yang diterima pun terkadang tidak setara dengan pekerja yang sudah lama berada di tempat kerja tersebut. Nah, berapa sih kisaran gaji lulusan S1 di Indonesia?

Banyaknya mahasiswa yang lulus atau fresh graduate terkadang tidak sebanding dengan lowongan pekerjaan yang ada. Sehingga saingan semakin banyak dan semakin susah untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang sesuai. Eits, sebenarnya berapa sih kisaran gaji lulusan S1 di Indonesia? Simak selengkapnya berikut ini.

Berapa Kisaran Gaji Lulusan S1 di Indonesia?

Jadi, berapa ya kisaran gaji lulusan S1 di Indonesia? Kisaran gaji bagi para fresh graduate lulusan S1 berada pada angka Rp. 2.000.000 hingga Rp.3.000.000 per bulan. Ini merupakan kisaran gaji yang artinya tidak semua tempat kerja memiliki gaji sekian, bisa jadi lebih kecil atau bahkan lebih besar.

Besar kecilnya gaji bagi lulusan S1 tergantung pada posisi, perusahaan, serta pengalaman yang dimiliki. Selain itu, setiap lokasi memiliki UMR berbeda-beda sehingga standar gaji tidaklah sama.

Nah, apa saja sih faktor lain yang menentukan gaji lulusan S1?

Penentu Standar Gaji Lulusan S1 di Indonesia

Posisi di Pekerjaan

Faktor penentu standar gaji lulusan S1 di Indonesia yang pertama adalah posisi di pekerjaan.

Baca Juga :   Daftar Perusahaan Terbesar Di Dunia

Posisi yang anda miliki di suatu pekerjaan tentu saja akan sangat mempengaruhi gaji bulanan anda. Biasanya, semakin tinggi posisi maka semakin tinggi pula gajinya. Namun, semakin tinggi gaji semakin tinggi juga tanggung jawabnya.

Perusahaan Tempat Bekerja

Faktor penentu standar gaji lulusan S1 di Indonesia berikutnya adalah perusahaan tempat bekerja.

Menempati posisi yang sama tetapi di perusahaan berbeda juga berpotensi memiliki perbedaan gaji loh. Bagi anda para lulusan S1 yang bekerja di perusahaan lokal, nasional, maupun multinasional pasti memiliki kisaran gaji yang tidak sama.

Biasanya perusahaan multinasional akan memberikan standar gaji lebih tinggi bagi lulusan sarjana dibandingkan dengan perusahaan berskala lokal. Tingginya gaji bertujuan agar para karyawannya dapat meningkatkan produktivitasnya sehingga berimbas pada kinerja perusahaan yang semakin bagus. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa persaingan untuk bisa bekerja di perusahaan multinasional memanglah sangat ketat.

Lokasi Tempat Bekerja

Faktor penentu standar gaji lulusan S1 di Indonesia yang terakhir adalah lokasi tempat bekerja.

UMP atau Upah Minimum Provinsi termasuk faktor yang mempengaruhi tingginya gaji anda. Misalnya, anda yang bekerja di daerah Jakarta dengan anda yang bekerja di daerah Jawa Tengah akan memiliki gaji yang berbeda. Mengapa demikian? Karena UMP yang dimiliki oleh Jakarta lebih besar dibandingkan dengan UMP di Jawa Tengah.

Demikian ulasan mengenai kisaran gaji lulusan S1 di Indonesia serta faktor penentu standar gaji lulusan S1 di Indonesia, semoga bisa membantu anda untuk mengetahui kisaran gaji yang anda dapatkan nantinya.