Cara Membeli Asuransi Jiwa

Cara Membeli Asuransi Jiwa

Kematian merupakan sesuatu yang tidak bisa kita hindari. Mungkin beberapa dari anda takut ketika meninggal tidak memiliki dana apapun sehingga malah menyusahkan keluarga yang ditinggalkan.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika anda membeli polis asuransi jika untuk menghindari sesuatu hal yang tidak terduga seperti kematian, kecelakaan, dan lain-lain.

Nah, bagaimana sih cara membeli asuransi jiwa itu? Yuk baca ulasan berikut untuk menambah pengetahuan anda mengenai asuransi jiwa.

Apa itu Asuransi Jiwa?

Asuransi jiwa adalah penggantian pendapatan. Asuransi jiwa ini melibatkan dua badan yakni pemegang polis dan penyedia asuransi. Adapun premi yang akan dibayarkan oleh pemegang polis ditukar dengan pendapatan atau manfaat yang bisa dicairkan oleh ahli waris pilihan jika anda (pemegang polis) meninggal.

Oleh karena itu, asuransi jiwa merupakan alat perencanaan keuangan yang tidak terbatas hanya menyediakan penggantian pendapatan saja tetapi juga untuk memberikan bantuan keuangan kepada keluarga yang kehilangan penyedia pendapatan (pemegang polis).

Apabila anda telah memutuskan untuk membeli asuransi jiwa yang bertujuan untuk memberikan bantuan keuangan kepada orang yang anda cintai yang nantinya akan anda tinggalkan atau membayar dan pinjaman lainnya, maka anda wajib mendapatkan pengetahuan mengenai jenis-jenis polis asuransi.

Jadi, polis asuransi jiwa memiliki dua kategori dasar, yaitu asuransi jiwa berjangka dan asuransi jiwa permanen.

Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi jiwa berjangka merupakan jenis asuransi jiwa yang memberikan penawaran pertanggungan untuk jangka waktu tertentu, misalnya lima tahun hingga tiga puluh tahun. Akan tetapi, biasanya panjang cakupan asuransi jiwa berjangka adalah dua puluh tahun. Jika pemilik polis lulus selama masa pertanggungan yang disisihkan ini dengan polis aktif, maka penyedia asuransi akan membayar manfaat kematian kepada ahli waris pilihan anda, bisa keluarga atau orang yang anda cintai.

Baca Juga :   Asuransi Syariah Terbaik di Indonesia Tahun 2021

Adapun manfaat yang dibayarkan oleh penyedia asuransi kepada ahli waris akan membantu dalam penggantian pendapatan yang hilang serta pembayaran biaya hidup, misalnya sewa, pemakaman, hutang lain yang anda tinggalkan, dan tagihan medis yang belum anda bayar.

Jika tertanggung masih hidup setelah masa pertanggungan tertentu, polis menjadi tidak aktif dan dapat diaktifkan dengan biaya premi yang lebih tinggi, atau polis akan dihentikan.

Asuransi Jiwa Permanen

Asuransi jiwa permanen adalah jenis asuransi jiwa yang bertahan selamanya, tidak seperti asuransi jiwa berjangka yang berlangsung selama periode tertentu sesuai dengan yang anda pilih ketika anda membeli polis. Polis asuransi jiwa permanen menawarkan manfaat kematian tertanggung dan nilai tunai sesuai dengan preminya.

Asuransi jiwa universal merupakan tipe lain dari asuransi jiwa permanen. Asuransi ini menawarkan polis seumur hidup.

Penyedia asuransi memberikan kesempatan kepada tertanggung untuk meningkatkan manfaat kematian mereka dan mengurangi biaya premi bulanan serta tahunan mereka.

Adapun asuransi pengeluaran akhir juga termasuk dalam jenis polis asuransi jiwa seumur hidup yang dibuat khusus untuk orang lansia di atas lima puluh tahun. Penyedia asuransi menawarkan pertanggungan terbatas untuk biaya pemakaman dan tagihan medis.

Demikian ulasan mengenai bagaimana cara untuk membeli asuransi jiwa, semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda jika ingin membeli polis.