Asuransi Pendidikan Syariah Terbaik

Asuransi Pendidikan Syariah Terbaik

Anda memerlukan perhitungan yang matang jika ingin merencanakan anda dan keluarga untuk jenjang yang lebih tinggi. Perhitungan yang matang serta mencari referensi asuransi pendidikan syariah terbaik bisa membantu anda dalam merencanakan pendidikan.

Bagi anda yang yang sudah memiliki anak, maka memiliki asuransi pendidikan sangatlah penting, sama halnya dengan memiliki asuransi kesehatan. Oleh karena itu, mencari referensi asuransi pendidikan syariah terbaik bukan menjadi suatu hal yang aneh.

Biaya pendidikan akan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Namun pendapatan anda mungkin saja tidak berjalan sesuai keinginan karena adanya suatu hal yang tidak diinginkan. Sehingga pada kondisi seperti ini anda memerlukan asuransi pendidikan syariah terbaik agar pendidikan anak anda tidak menjadi korban.

Namun sangat disayangkan karena tidak sedikit orang tua yang belum memahami resiko dari suatu hal yang tidak diinginkan. Sehingga tidak terpikirkan oleh mereka untuk berinvestasi pendidikan melalui asuransi pendidikan syariah terbaik.

Asuransi Pendidikan Syariah Terbaik

Memiliki polis asuransi pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi orang tua karena biaya pendidikan anak bukan hanya biaya bulanan dan uang gedung saja, namun ada biaya seragam, buku paket, dan lain-lain.

Sehingga memiliki asuransi pendidikan syariah terbaik dapat memberikan jaminan yang lebih pasti kepada anda mengenai masa depan pendidikan anak anda hingga perguruan tinggi.

Nah, apa saja rekomendasi asuransi pendidikan syariah terbaik? simak penjelasan selengkapnya mengenai asuransi pendidikan.

Mengapa Asuransi Pendidikan Itu Penting?

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya bahwa asuransi pendidikan sama pentingnya dengan asuransi kesehatan. Mengapa demikian?

Biaya pendidikan mengalami kenaikan setiap tahunnya sehingga memiliki asuransi pendidikan sangat penting untuk anda persiapkan terutama bagi anda yang sudah memiliki anak.

Meningkatnya biaya pendidikan bisa jadi tidak sejalan dengan pendapatan anda setiap tahunnya. Oleh karena itu, asuransi pendidikan sangat diperlukan agar pendidikan anak anda tidak menjadi korban jika hal yang tidak diinginkan terjadi.

Tidak sedikit orang tua yang tidak memahami hal tersebut dan tidak mau berinvestasi pendidikan melalui asuransi pendidikan. Beberapa orang tua tidak mau mengeluarkan uang untuk asuransi lantaran berpikir bahwa pemerintah telah memberikan subsidi pendidikan.

Selain itu, terkadang orang tua mengalami kendala dalam hal premi yang dinilai terlalu mahal. Jadi, orang tua perlu mengetahui cara memilih asuransi pendidikan syariah terbaik bagi anak.

Rekomendasi 4 Asuransi Pendidikan Syariah Terbaik

  1. Asuransi Mandiri Elite Plan Pendidikan Syariah

Asuransi mandiri elite plan pendidikan syariah ini merupakan asuransi pendidikan yang menghindarkan anda dari gharar (ketidakpastian), barang haram, serta riba.

Sesuai ketetapan yang dimiliki oleh asuransi mandiri elite plan pendidikan syariah bahwa usia masuk bagi pemegang polis yaitu mulai dari usia 18 tahun hingga 70 tahun. Namun untuk pesertanya yaitu mulai usia 15 hari hingga 70 tahun.

Pada asuransi mandiri elite plan pendidikan syariah ini memiliki minimum premi sebesar Rp. 25.000.000 per tahun dengan masa pertanggungannya hingga 100 tahun.

Pada tahun pertama, komposisi 50% dana diinvestasikan pada pembayaran premi. Di tahun berikutnya maka 100% dana diinvestasikan seluruhnya.

Dengan begitu maka investasi akan lebih maksimal serta dapat memberikan jaminan finansial yang lebih baik untuk anak anda.

  1. Takaful Dana Pendidikan

Takaful dana pendidikan merupakan salah satu program tabungan khusus untuk orang tua dalam merencanakan dana pendidikan bagi anaknya. Program ini dikaitkan dengan salah satu produk asuransi jiwa syariah dari takaful dana pendidikan.

Baca Juga :   Asuransi Mobil Syariah

Dalam hal pola penarikan dananya, takaful dana pendidikan ini menyesuaikan dengan kebutuhan biaya bagi setiap jenjang pendidikan, mulai dari TK (Taman Kanak-kanak) bahkan tingkat universitas atau perguruan tinggi.

Takaful dana pendidikan ini akan dicairkan atau diberikan apabila orang tua (peserta) meninggal dunia karena kecelakaan, maka 100% manfaat takaful dasar, beasiswa perguruan tinggi, dan dana tahapan pendidikan akan diberikan.

Namun jika orang tua (peserta) mengalami cacat total dan tetap diakibatkan oleh kecelakaan maka 50% manfaat takaful dana, beasiswa perguruan tinggi, dan dana tahapan pendidikan akan diberikan.

Adapun jika anak atau penerima hibah meninggal dunia maka 10% uang pertanggungan dana tabungan pendidikan yang terbentuk akan dibayarkan. Hal ini berlaku selama polis masih aktif.

Takaful dana pendidikan ini dibawah pengawasan Majelis Ulama Indonesia (MUI) sehingga dana pendidikan di takaful dana pendidikan ini dikelola berdasarkan prinsip syariah Islam.

  1. AXA Cerdas Amanah Syariah

AXA cerdas amanah syariah merupakan program yang dimiliki oleh PT. AXA Financial Indonesia. Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh AXA cerdas amanah syariah adalah sebagai berikut.

  • Jika meninggal ketika menunaikan haji dan umroh, maka akan mendapatkan 200 persen uang pertanggungan.
  • Jika terjadi resiko, maka pengembalian seluruh top up dan kontribusi dasar berkala sepanjang masa kontrak.
  • Mendapatkan perlindungan terhadap resiko cacat dan meninggal minimal 10 tahun hingga 25 tahun.

Adapun mengenai minimum premi, AXA cerdas amanah syariah menetapkan minimum premi nya adalah Rp. 300.000 (tiga ratus ribu rupiah) sebagai premi dasar dengan top up berkala sebesar Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah).

Besaran premi tersebut dapat dibayarkan menggunakan berbagai cara yakni tahunan, semesteran, kuartalan, maupun per bulan.

  1. PRUlink Syariah Edu Protection

Rekomendasi asuransi pendidikan syariah terbaik yang terakhir adalah PRUlink syariah edu protection.

PRUlink syariah edu protection ini adalah produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi dari PT. Prudential Life Assurance atau Prudential Indonesia.

Pada PRUlink syariah edu protection, kontribusi yang anda bayarkan memberi manfaat perlindungan dan manfaat investasi dalam bentuk tunai. Produk asuransi PRUlink syariah edu protection ini akan memberikan manfaat asuransi selama polis masih aktif dan tersedia dalam mata uang Rupiah.

PRUlink syariah edu protection menetapkan bahwa premi minimumnya adalah sebesar Rp. 500.000 (lima ratus ribu) per bulan dengan usia masuk tertanggung untuk anak mulai umur 1 tahun hingga 15 tahun di ulang tahun berikutnya.

PRUlink syariah edu protection menawarkan masa perlindungan bagi peserta utama yang diasuransikan meninggal dunia sebelum usia 99 tahun. Hal ini juga berlaku jika peserta utama mengalami cacat tetap dan total setelah berusia 6 tahun dan sebelum usia 70 tahun.

Dengan melihat daftar rekomendasi asuransi pendidikan syariah terbaik diatas, anda dapat menentukan produk mana yang bisa anda pilih. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi anda dan orang-orang di sekitar anda.