Tujuan Pemerintah Memberikan Subsidi Pupuk Bagi Petani Berdasarkan Wacana Tersebut Adalah?

Tujuan Pemerintah Memberikan Subsidi Pupuk Bagi Petani Berdasarkan Wacana Tersebut Adalah?

Perhatikan wacana berikut! Pemerintah melalui Kementerian Pertanian mendistribusikan pupuk bersubsidi kepada petani dalam rangka menjaga ketahanan pangan nasional. Pemberian pupuk bersubsidi ini diharapkan mampu mengurangi pengeluaran petani sebagai biaya produksi. Untuk mendapatkan pupuk bersubsidi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi petani. Salah satu syaratnya, petani harus tergabung dalam kelompok tani di desa atau wilayahnya. Persyaratan tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 47Tahun 2017 tentang Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi. Tujuan pemerintah memberikan subsidi pupuk bagi petani berdasarkan wacana tersebut adalah?

  1. Mengurangi risiko gagal panen petani
  2. Melindungi petani dari harga yang rendah
  3. Meningkatkan harga jual produk agrikultur
  4. Menekan biaya produksi kegiatan agrikultur
  5. semua jawaban benar

Jawaban: D. Menekan biaya produksi kegiatan agrikultur

Baca Juga :   Hak VOC untuk menebang kelebihan tanaman sehingga harga rempah-rempah tetap stabil disebut?

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, perhatikan wacana berikut! pemerintah melalui kementerian pertanian mendistribusikan pupuk bersubsidi kepada petani dalam rangka menjaga ketahanan pangan nasional. pemberian pupuk bersubsidi ini diharapkan mampu mengurangi pengeluaran petani sebagai biaya produksi. untuk mendapatkan pupuk bersubsidi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi petani. salah satu syaratnya, petani harus tergabung dalam kelompok tani di desa atau wilayahnya. persyaratan tersebut sesuai dengan peraturan menteri pertanian nomor 47tahun 2017 tentang alokasi dan harga eceran tertinggi pupuk bersubsidi. tujuan pemerintah memberikan subsidi pupuk bagi petani berdasarkan wacana tersebut adalah menekan biaya produksi kegiatan agrikultur.

Tingkat kesejahteraan pelaku sektor pertanian berbanding terbalik dengan potensi yang melimpah. Kondisi tersebut diperkuat dengan pernyataan bahwa?