Manfaat Asuransi Pendidikan

Manfaat Asuransi Pendidikan

Dapat menyekolahkan anak hingga ke perguruan tinggi memang menjadi impian yang diinginkan semua orang. Mempunyai anak memanglah memiliki tanggung jawab yang besar. terutama pada pendidikan anak di masa depan. Oleh karena itu ada baiknya anda mulai mencari informasi tentang manfaat asuransi pendidikan.

Bagi anda yang sudah mempunyai anak tentu telah mengetahui bahwa biaya untuk pendidikan anak semakin lama semakin tinggi. Misalnya biaya untuk membeli seragam, buku, SPP, uang pangkal, hingga biaya lain untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak.

Perencanaan mengenai biaya pendidikan anak sangat diperlukan untuk menjamin pendidikan anak anda di masa depan nanti.Perencanaan pendidikan dapat anda lakukan melalui beberapa pilihan diantaranya adalah melalui tabungan pendidikan atau dengan menggunakan produk asuransi pendidikan. Manfaat asuransi pendidikan ini sangat membantu untuk pendidikan anak anda di masa depan.

Nah, mungkin diantara anda masih banyak yang belum tahu mengenai tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan, sehingga anda masih bingung memilih diantara keduanya. Anda bisa mengenal lebih lanjut mengenai manfaat asuransi pendidikan yang akan dibahas pada artikel berikut ini.

Apa Itu Asuransi Pendidikan?

Asuransi pendidikan merupakan salah satu jenis asuransi yang memberi proteksi pada pendidikan anak di masa depan yang disertai dengan investasi. Pilihan asuransi yang terbaik bagi anda adalah produk yang tidak hanya menawarkan investasi pada anda namun juga menawarkan perlindungan jiwa bagi pencari nafkah atau orang tua.

Ada banyak sekali alasan mengapa orang tua memilih asuransi pendidikan. Diantara salah satu alasan tersebut yaitu karena biaya pendidikan yang semakin meningkat. Oleh karena itu, orang tua tidak bisa hanya mengandalkan menabung uangnya karena adanya inflasi.

Sehingga dengan menyimpan uang dalam bentuk asuransi pendidikan memberikan manfaat bagi anda untuk menyiapkan dana pendidikan di masa depan untuk anak anda. Pastikan anda juga memahami manfaat-manfaat serta resiko resiko yang ada sebelum memutuskan untuk memilih asuransi pendidikan.

Manfaat Asuransi Pendidikan

5 Manfaat Asuransi Pendidikan

Pendidikan Terencana

Jika anda memilih asuransi pendidikan maka secara tidak langsung anda telah belajar untuk merencanakan pendidikan anak anda di masa depan. Dengan adanya asuransi pendidikan, anda cukup menentukan berapa banyak dana yang anda inginkan untuk pendidikan anak anda. Melalui asuransi pendidikan maka anda tidak perlu merasa khawatir mengenai biaya pendidikan untuk anak anda nantinya.

Dana Pendidikan Terjamin

Asuransi pendidikan dapat membantu anda dalam mengurangi rasa khawatir terhadap akan biaya pendidikan anak anda nanti. Pihak asuransi pendidikan akan memberi bantuan kepada anak anda dalam hal pendidikan jika suatu saat mengalami musibah maupun masalah yang berkaitan dengan dana pendidikan anak anda.

Tak hanya itu, jika pemegang polis meninggal, maka pihak asuransi pendidikan akan memberikan uang pertanggungan meninggal. Selain itu, biaya keberlangsungan pendidikan anak anda akan di jamin oleh pihak asuransi pendidikan.

Fleksibilitas Premi

Apabila anda mendaftarkan anak anda pada maka anda akan mendapatkan beberapa manfaat asuransi pendidikan. Salah satunya yaitu fleksibilitas pembayaran premi.

Perlu anda ketahui bahwa besar kecilnya premi yang akan anda keluarkan untuk asuransi pendidikan anak anda bergantung pada tinggi rendahnya pendidikan yang anda pilih.

Artinya, jika anda memilih pendidikan perguruan tinggi maka biaya atau premi yang harus anda keluarkan juga tinggi. Mengenai waktu pembayaran premi, maka bergantung pada persetujuan dari pihak asuransi pendidikan.

Mengatur Keuangan

Dengan memiliki asuransi pendidikan, maka secara tidak langsung anda belajar mengatur keuangan anda seperti berapa banyak pengeluaran yang anda butuhkan. Contohnya, jika anda memiliki anak serta membutuhkan biaya pendidikan maka anda dituntut untuk belajar mengatur pengeluaran keuangan anda.

Baca Juga :   Mengenal Jenis dan Produk Asuransi Syariah

Merasa Tenang

Manfaat asuransi pendidikan yang terakhir adalah memberikan rasa tenang pada diri anda. Mengapa hal ini bisa terjadi? Asuransi pendidikan dapat membantu anda dalam meringankan biaya pendidikan anak anda jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, asuransi pendidikan dapat memberi anda rasa tenang mengenai biaya pendidikan anak anda. Pihak asuransi akan membantu biaya pendidikan anak anda sesuai dengan jenjang yang dipilih sebelumnya.

Tabungan Pendidikan Anak

Meskipun tabungan pendidikan  asuransi pendidikan. Namun asuransi pendidikan dapat dipandang sebagai tabungan untuk pendidikan anak ke depannya atau di masa depan. Asuransi pendidikan ini bisa dicicil mulai dari anak masih kecil. Sehingga ketika anak anda sudah besar nanti, anda sebagai orangtua tidak terlalu pusing memikirkan biaya pendidikan anak anda karena sudah memiliki asuransi pendidikan lainnya.

Luar biasa sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari asuransi pendidikan ini kan? Namun, meskipun demikian untuk mendapatkan hasil dana pendidikan yang maksimal, maka anda harus benar-benar mempelajari asuransi pendidikan yang akan anda ambil. Beberapa hal yang perlu anda pelajari yakni mulai dari berapa premi yang harus anda bayarkan, keuntungan yang akan anda dapat, risiko apa saja yang akan anda hadapi, hingga profil perusahaan asuransi yang anda pilih apakah terpercaya atau tidak. Dengan persiapan yang matang serta pemilihan jenis asuransi yang tepat maka anda akan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Akan tetapi perlu anda ingat bahwa meskipun manfaat asuransi pendidikan itu sangat banyak, namun tak menutup kemungkinan terdapat beberapa resiko yang akan anda hadapi saat memilih asuransi pendidikan.

Berikut adalah beberapa resiko asuransi pendidikan yang kemungkinan anda hadapi saat melakukan asuransi pendidikan.

Manfaat Asuransi Pendidikan

Resiko Asuransi Pendidikan

Ulasan sebelumnya telah membahas tentang manfaat asuransi pendidikan. Namun, anda juga perlu mengetahui beberapa resiko dari asuransi pendidikan di bawah ini.

Biaya Tambahan

Mungkin anda berpikir jika dengan mempunyai asuransi pendidikan maka anda sudah pasti mendapatkan jumlah yang lebih besar dari yang sudah anda setorkan melalui premi.

Dalam asuransi pendidikan memang mengandung asuransi yang akan membawa keuntungan, namun anda harus ingat bahwa akan ada biaya tambahan diantaranya biaya asuransi, biaya admin, serta berbagai macam biaya lainnya. Premi yang anda bayarkan akan terpotong oleh biaya-biaya tersebut pada 5 tahun pertama.

Salah Memilih Investasi

Bukan tidak mungkin manajer investasi (MI) pada perusahaan asuransi melakukan kesalahan dalam melangkah. Maka jika anda menginvestasikan dana pada instrumen yang salah, anda akan mendapatkan kerugian bukan keuntungan. Anda patut berhati-hati dalam memilih produk asuransi pendidikan.

Perpanjangan Setoran Premi

Jika anda membeli asuransi pendidikan dengan setoran premi yang memiliki jangka waktu pendek, tetapi investasi anda belum mendapatkan keuntungan serta belum mencukupi uang pertanggungan yang ingin dicapai. Dengan adanya hal ini maka akan menyebabkan perpanjangan jangka waktu setoran premi anda.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat asuransi pendidikan serta risiko asuransi pendidikan yang dapat memberikan anda informasi sebelum memutuskan untuk memilih asuransi pendidikan sesuai dengan keinginan anda. Jika anda menyukai artikel ini, maka jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya. Kamu juga bisa menggunakan asuransi pendidikan berbasis syariah.