Pengaruh Risiko Politik Terhadap Kinerja Saham

Dalam berinvestasi sangatlah penting mempertimbangkan risiko politik dan pengaruhnya terhadap portofolio Anda. Karena perubahan dalam suatu tindakan maupun kebijakan politik di suatu negara dapat menimbulkan dampak besar pada sektor keuangan suatu negara.

Risiko politik umumnya berkaitan erat dengan pemerintahan serta situasi politik dan keamanan di suatu negara. Faktor-faktor tersebut menentukan kelancaran berlangsungnya suatu bisnis. Oleh karena itu, jika situasi politik mendukung, maka bisnis akan berjalan dengan lancar dan harga saham juga akan naik. Sebaliknya, jika situasi politik tidak menentu, maka terdapat unsur ketidakpastian dalam bisnis.

Baca Juga :   IPOT: Cukup Satu Aplikasi, Semua Bisa Berinvestasi!
Baca Juga :   5 Fakta Kripto Yang Harus Diketahui Pemula!

Namun, dibalik hal tersebut, sesuai aksioma keuangan risk dan return, dibalik risiko juga terdapat peluang. Jika Anda berani menghadapi risiko politik, kemudian politik kembali stabil, maka Anda dapat memperoleh keuntungan.

Baca Juga :   5 Negara Importir Cengkeh Terbesar di Dunia

Jangan Anda lupakan bahwa terdapat trade-off antara risk dan return, Tujuan dari investor jangan sampai menghindari seluruh risiko politik. Karena jika Anda menghindari secara total, maka return bisa jadi lebih sedikit.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam meghadapi risiko politik yaitu sebagai berikut :

  • Sadarilah bahwa risiko politik memang ada dan berpengaruh terhadap portofolio Anda. Apalagi jika Anda mempunyai portfolio di luar negeri, misalnya, tentu nilai investasi Anda akan dipengaruhi oleh tindakan dari para pemimpin dunia, ataupun situasi politik dunia.
  • Identifikasikan risiko politik dengan investasi yang Anda miliki. Sehingga Anda bisa menentukan strategi yang dapat Anda tempuh nantinya.
  • Lakukanlah langkah-langkah dalam mengelola risiko. Ubahlah strategi investasi Anda. Diversifikasikanlah portfolio untuk meminimalisir risiko.
Baca Juga :   Cara Mudah Mendaftar dan Membeli Saham di IndoPremier