Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Trik Psikologi yang Berguna

        Ada banyak trik psikologis yang sangat berguna untuk diketahui. Dengan trik psikologis tersebut, Anda akan lebih mampu menguasai diri, membaca gerak-gerik atau bahasa tubuh orang lain, dan menemukan solusi atas kendala yang dihadapi selama berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.

Berikut diantaranya:

Trik Psikologi

1. Jangan minta tolong pada banyak orang, mintalah tolong pada seseorang

Ketika dalam bahaya, minta tolonglah hanya pada satu orang saja. Ini adalah trik praktis yang paling berguna untuk menyelamaykanmu, tapi semoga kamu jangan sampai memerlukannya.

  • Pengamat menunjukkan fakta bahwa orang cenderung tidak ingin membantu saat mereka sedang dalam kelompok dibandingkan saat mereka sedang sendiri. Bisa jadi orang akan menganggap akan ada orang lain yang membantu atau lebih pantas untuk membantu. Tapi, kalau semua orang berpikiran demikian, tidak akan ada yang mencoba membantu.
  • Pilihlah satu orang yang jauh dari keramaian, seperti "hey kamu yang pakai topi hitam dan lengan pendek, tolong aku!", lalu tatap matanya dan bilang kau butuh bantuannya.
  • Memelas pada orang tertentu seketika akan membuat orang tersebut merasa bertanggung jawab atas keselamatanmu, mereka akan berubah dari "pengamat" menjadi "penyelamat".
    Trik ini akan meningkatkan peluang orang tersebut akan menolong, dan kamu akan punya kesempatan selamat.

2. Belajarlah untuk diam selama 12 detik saat kamu sedang marah.

Pada situasi ini, IQ seseorang akan menurun hingga 0, dan kebanyakan orang akan terjebak selama 12 detik. Menahan kata-kata yang ingin kamu lontarkan saat marah dan tunggu beberapa saat akan 70% menyelamatkanmu dari penyesalan di masa depan.

3. Saat kamu kesulitan mencari sesuatu, cobalah cari dari sebelah kanan ke kiri.

Biasanya kita mencari dari kiri ke kanan, jadi biasanya ada beberapa hal terlewat. Cobalah untuk mengganti arah pencarian dan kita akan menyadari detailnya sehingga benda yang kita cari lebih mudah ditemukan.

4. Kalau kamu mau minta tolong, gunakan dua trik ini:

- kalau kamu ingin minta pertolongan besar, gunakan teknik foot-in-the-door. Caranya adalah dengan meminta tolong sesuatu yang kecil terlebih dahulu. Kalau mereka bisa melakukannya, kemungkinan besar mereka akan merespon saat kamu minta pertolongan lagi yang besar.

- kalau kamu ingin minta pertolongan kecil, gunakan teknik door-in-the-face. Minta tolong sesuatu yang besar terlebih dahulu, yang sudah pasti akan ditolak. Lalu, mintalah tolong hal kecil. Seseorang akan cenderung menerima permintaan kecil setelah menolak sesuatu yang besar.

5. Kalau kamu ingin membuat seseorang melakukan apa yang kamu mau, beri pilihah dan jangan beri perintah. Misalnya, alih-alih memerintah anakmu untuk meminum susu, cobalah tanya dia ingin minum pakai gelas yang mana. Hal ini memberikan kendali yang hasilnya akan lebih baik.

6. Kalau kamu ingin menghentikan lagu yang ada di kepalamu, coba ingatlah bagian akhir lagunya. Kalau kamu berpikir lagunya sudah selesai, kemungkinan besar lagu yang menyebalkan itu akan pergi dari pikiranmu. (catatan: sulitnya kalau kamu cuma tahu bagian tertentu saja)

7. Kalau kamu tidak puas dengan jawaban seseorang, tetaplah diam dan lihat orang itu. Biasanya kombinasi diam yang awkward dan tatapan akan menimbulkan tekanan untuk mereka mengungkapkan lebih banyak.

8. Kalau kamu ingin begadang, minum dua jenis minuman: panas dan dingin. Kombinasi ini akan memberi stimulasi otakmu untuk tetap terjaga.

9. Kalau kamu ingin mengetahui sesuatu dari seseorang, tanyakan sesuatu. Ketika dia selesai menjawab, tetap diam dan tatap matanya. Dia akan menambahkan beberapa hal, mungkin agak kesal tapi pembicaraannya akan dilanjut

10. Kalau orang membuat lelucon yang menyinggungmu, minta orang itu mengulanginya atau menjelaskannya. Hal ini akan membuat leluconnya menjadi tidak lucu lagi dan orang itu akan malu.

Posting Komentar untuk "10 Trik Psikologi yang Berguna"