Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Paspor Indonesia Lemah

    Menurut data yang dipublikasikan oleh firma penasihat keuangan Arton Capital, paspor Indonesia adalah salah satu dari 65 paspor terlemah di dunia. Ukurannya ialah mobilitas global: hanya ada 71 negara yang dapat dikunjungi orang Indonesia tanpa visa atau menggunakan visa pada saat kedatangan.

Ilustrasi Kekuatan Paspor Indonesia

Sebagai gambaran, paspor Jepang terkuat di dunia menawarkan akses bebas visa ke 191 negara, dan Indonesia di posisi ke-74 hanya mendapat akses bebas visa ke 71 negara.

Di sisi lain, menurut keterangan Dirjen Imigrasi, pemilik paspor dari 169 negara dapat memasuki Indonesia tanpa perlu meminta visa terlebih dulu.

Apa yang menyebabkan Paspor Indonesia lemah?

1. Karena Indonesia adalah negara besar yang jumlah penduduknya terpadat setelah China, India, dan USA. Negara dengan jumlah kepadatan penduduk yang sangat tinggi (abaikan USA dan negara superpower lainnya) menjadi 'ketakutan' untuk negara maju karna apabila diberi akses bebas visa kemungkinan terjadi imigran gelap bahkan tenaga kerja gelap akan semakin besar. 

Lihat saja beberapa warga negara Kita banyak yang ilegal di berbagai negara maju seperti Jepang Dan Korsel. Jadi negara maju ingin warga yang berkunjung benar - benar "bersih".

2. Mengapa Timor Leste mendapat jatah bebas visa ke UK Dan Schengen? Secara dari segi perekonomian jauh dari Indonesia. 

Kekuatan Paspor Timor Leste


Ini karna paspor Timor leste mendapat jaminan dari portugal, juga negaranya jarang terjadi konflik.

3. Faktor Ekonomi. Negara maju umumnya menginginkan turis yang datang juga memiliki kemampuan finansial yang memadahi. Mereka tidak mau menerima 'tamu' sembarangan. Semakin makmur ekonomi suatu negara maka semakin besar pula peluang dibukanya pintu masuk untuk negara maju. Tak heran negara kecil yang maju seperti Jepang dan Singapore menempati 3 besar peringkat paspor terkuat di dunia

Posting Komentar untuk "Penyebab Paspor Indonesia Lemah"