b{font-weight:bold;} Teknologi yang Dirahasiakan oleh Militer - IDN PEDIA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknologi yang Dirahasiakan oleh Militer

    Dunia telah berkembang secara dramatis dengan munculnya teknologi yang modern serta mutakhir. Dulu, kegiatan sangat dipengaruhi dengan seberapa banyak upaya dan sumber daya manusia yang dimiliki. Namun , akibat perkembangan teknologi, semua hal jadi mudah, efisiensi tenaga juga mulai terjadi.

Teknologi Militer

Pada masa kini, banyak negara justru berlomba-lomba untuk memproduksi teknologi canggih untuk militer milik sendiri.

Dan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, banyak di antara mereka yang berusaha merahasiakan teknologi militer canggih tersebut meskipun sebenarnya akan berguna untuk penggunaan umum. Lalu Teknologi apa yang dirahasiakan oleh militer? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Resolusi (ketepatan) koordinat GPS, yang asalnya untuk penggunaan militer.

Sampai tahun 2000, akurasi sinyal GPS yang boleh digunakan oleh sipil sengaja di turunkan ketepatannya (degraded), dan kemudian aturan ini di cabut oleh President AS Bill Clinton.

Saat ini akurasi GPS sipil biasanya hanya ber-resolusi 6,2 kaki ≈ 1,89 meter, akurasi GPS Militer jauh lebih tepat bahkan selisih sentimeter saja karena mereka menggunakan bukan satu, melainkan dua frekwensi.

Penggunaan dua frekuensi tujuannya meningkatkan akurasi dengan mengkoreksi kesalahan sinyal yang disebabkan oleh atmosfer bumi.

Frekuensi sinyal GPS

Muara dari semua ini ialah bisnis dan juga berlaku ke semua teknologi. Dulu komputer juga hanya dipake oleh militer, namun saat ini sipil bisa beli komputer mulai yang paling kecil seperti smartwatch sampai komputer server yang ukurannya sebesar rumah.
Selama produk tersebut sudah dianggap aman untuk digunakan penduduk sipil maka sains dan teknologi hasil ciptaan ilmuwan akan dijual ke penduduk sipil. 

Posting Komentar untuk "Teknologi yang Dirahasiakan oleh Militer"