b{font-weight:bold;} Ini 7 Hal Perlu Diketahui Mahasiswa - IDN PEDIA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 7 Hal Perlu Diketahui Mahasiswa

        Sebagai mahasiswa, ada banyak hal yang perlu sobat perhatikan selama menjalani kuliah. Apa saja itu? Yuk simak 9 Hal Perlu Diketahui Mahasiswa berikut ini: 

1. Jangan asal menyimpan file

Buatlah folder yang terstruktur sejak dini. Hal ini agar ketika kamu mencari file tidak kebingungan. Beberapa teman saya begitu bingung ketika mencari kembali filenya karena asal menyimpan.

Folder mahasiswa


2. Jangan asal menggunakan nama ketika memberi nama file, 

Mungkik kalian sering sekali asal memberi nama file seperti "asdafafaf.docx". Jika file ini berguna maka akan kebingungan untuk mencarinya.

3. Jangan lupa backup document penting minimal seminggu sekali, 

Jangan tanya kenapa. Sudah sering kejadian laptop tiba-tiba mendadak error. Dengan memiliki cadangan sobat tidak akan kesusahan jika mengalami error tiba-tiba. Windows kadang sering kasih kejutan WKWKWK.

4. Jika storage hape sobat penuh cadangkan foto ke cloud storage,

Hal ini untuk berjaga-jaga anda memoto materi yang banyak. Cloud storage juga sudah bisa melakukan sync terhadap folder device sehingga tinggal pakai kuota internet saja. bisa dapat menggunakan :

  • Mega.
  • Google Drive.
  • Uploadfiles.
  • Dropbox.
  • Dll.

5. Upload scan dokumen penting

Seperti Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, Kartu Tanda mahasiswa, dll. Namun sebelum diupload usahakan untuk dienkripsi terlebih dahulu.

6. Jika sering memotret materi, usahakan sediakan album sendiri. 

Hal ini akan memudahkan sobat ketika mencari materi tersebut, apalagi cewek isi gallery kadang sampai burung dilangit pun kalah jumlahnya sama foto selfienya.

Kalau punya link untuk disimpan usahakan konsistensi. Hal ini pasti berguna untuk suatu saat, siapa tau dapat menjadi referensi kamu. 

7. Kompress dokumen dengan menggunakan ZIP

Hal ini memudahkan dibaca oleh banyak sistem operasi.

Jika memiliki folder yang sensitive lakukan enkripsi pada folder tersebut. Hal ini digunakan untuk berjaga-jaga.

Jangan menggunakan password yang rentan dan rapuh layaknya hati yang tersakiti. Anda dapat memberikan kombinasi password yang mudah diingat dengan hal yang sering anda ingat di otak anda seperti, "50ehart0-The-Sm1L1ng-G3NeR4L".


Khusus Cewek :

  1. Jika memiliki motor carilah teman cowok yang paham motor. Hal ini memudahkan ketika ada masalah dengan motormu.
  2. Semisal laptopmu rusak dan ingin temanmu memperbaiki, jangan lupa bawakan buah tangan, hal ini sebagai ucapan terimakasih kepada temanmu.
  3. Ketika bertanya error usahakan datang ke teman anda. Dan jangan bilang “Laptop ku tiba-tiba error kenapa nih?”. Teman kalian bukan Tuhan mbakkk harus diagnosa dahulu errornya apa.


Penting.!! Cari tahu tentang :

  • Rumah sakit terdekat.
  • Rumah sakit yang murah.
  • Puskesmas terdekat.
  • Puskesmas yang murah wkwkwk.
  • Tempat makan yang murah.
  • Bengkel terdekat.

Catat proses hidup sobat, akan ada kalanya kamu merasa tidak berguna dalam hidup ini. Nah, inilah fungsinya, agar suatu saat nanti kamu sadar bahwa kamu sebenarnya berproses lebih baik namun kamu tidak menyadarinya.

Okay sekian dulu artikel kali ini, sobat juga bisa membaca artikel kami 5 Hal yang Perlu Diketahui Mahasiswa Informatika atau 34 Hal yang Perlu Diketahui Mahasiswa Baru yang sudah terbit beberapa hari sebelumnya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Ini 7 Hal Perlu Diketahui Mahasiswa"