Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

34 Hal yang Perlu Diketahui Mahasiswa Baru

Menjadi mahasiswa adalah salah satu pengalaman berharga yang bisa kalian raih, bertemu dan bertukar pikiran dengan cerdikiawan dan rekan dari latar belakang berbeda tentu menjadi suatu nilai positif.



Biar perjalanan pendidikan kalian lancar, kalian patut baca nih "hal-hal yang wajib diketahui Mahasiswa baru", tulisan berikut saya temukan di linimasa Quora dan saya rasa sangat menarik dibaca, dan yang pasti penuh ilmu dan pengalaman berharga dari penulisnya.

Okay daripada makin penasaran, yuk langsung disimak 34 hal yang wajib diketahui mahasiswa baru berikut ini:

1. Cepat cari mentor waktu kuliah, cari yang experienced dan terpenting mau sharing ilmunya (kan percuma pinter tapi gamau sharing iya ga?), yang bisa motong effort kamu trial and error untuk pahamin topik mata kuliah. Bisa kakak tingkat atau alumni, tapi kalo susah cari kaka tingkat bisa temen seangkatan kamu yang udah berpengalaman. contoh, kamu lulusan sma ipa kuliah akuntansi, kamu bisa belajar sama temen kamu yang smk nya akuntansi atau tanya sama yang sma nya dulu IPS. lumayan, ga abisin waktu. baikin aja, modal mie ayam sama teh botol.


2. Jangan terlalu percaya semua omongan kakak BEM kamu. biasakan cross check apa yang keluar dari mulut orang laen, jangan asal percaya. Umumnya gini nih jargon andalan kakak bem dalam melakukan kaderisasi. “kalian akan sulit kerja kalau tidak ikut organisasi” boong itu, saya selama interview orang ga pernah tuh keluar omongan gini “hmm, skill kamu sih pas. tapi ga pernah ikut bem, jadi ga deh cari company lain aja” mana ada, kita company medioker motto nya selalu sama “ga peduli ni kucing warnanya apa, yang penting bisa nangkep tikus” ya beda cerita kalo mau jadi caleg ya, atau mau gabung partai. mungkin di cari. jangan salah, saya dulu gabung BEM. tapi tujuannya cuman pengen rombak flyer dan web kampus aja, norak bener flyer dan web nya. malu saya jadi mahasiswa disitu. masuknya juga via orang dalem, ya. kamu ga salah baca, masuk bem bisa via orang dalem. apa sih yang ga bisa pake orang dalem disini? Tapi memang ikut BEM punya beberapa keuntungan sih, beberapa beasiswa memang ada yang syaratin harus aktif organisasi. BEM juga biasanya yang pegang informasi beasiswa (kalo di kampus saya dulu sih gitu). Di BEM juga saya belajar, bagi-bagi jabatan is real. Saya dulu kebagian tugas jadi timses ketua bem, bagian bikin web. Dikasi uang jajan sih. Terus dimasukin jadi anggota juga. Banyak politiknya deh. Jadi memang perlu sedikit pragmatis.


3. Boong itu yang ngomong ospek bisa buat ga lulus kuliah dan susah nyari kerja, mana ada? saya kenal bener orang yang ga ospek dan sekarang jadi boss di telkom. tapi baiknya kamu ikutin aja lah ospek, udah ga aneh-aneh kok seharusnya ospek sekarang ini. kalo mulai ngawur gausa ikut.


4. Jangan salah pilih temen, kamu boleh SMA swag abis. Rockstar, tapi saran saya kalo kuliah pilih temen yang rajin deh jangan yang swag-swag tapi gebleg. kalo swag tapi pinter boleh lah dipertimbangkan. temenan sama yang bloon itu jangan deh, dari awal jauhi. karena kalo udah terjerumus agak susah keluarnya. perlu effort gede


5. Jangan cari pacar yang ribet, abussive dan rajin minta temenin kemana-mana. emang kamu mau jadi paspampres (pasukan pengamanan pacar rese)? Cari yang simple-simple aja, yang sederhana. Thanks’s me later. Punya pacar yang ribet tuh, bakal abis waktu buat pacaran doang.


6. Kalo punya fisik diatas rata-rata diantara teman angkatan kamu, tapi otak pas-pasan daripada nyalahin keadaan dan kepikiran buat open BO atau jadi sugar babby, mending pake buat abuse dikit lah. cari cowo yang pinter, mayan bisa nyontek PR. bisa buat belajar bareng. Ya nggilani sih kedengerannya, tapi memang banyak trik untuk lulus. fake it until you make it.


7. Jangan terlalu percaya kisah nemenin pasangan dari 0 ke sukses, kamu bisa ditinggalin kapan aja. Jadi, ya secukupnya aja loving somebody itu. jangan sampe waktu kamu habis terbuang sia-sia untuk nangisin pacar


8. Temenan sama admin kampus, penjaga lab dan penjaga parkir. Admin kampus punya jadwal krs, inget di kampus medioker itu kesuksesan dalam semester ditentukan dari pemilihan mata kuliah dan dosen pengampu. Bisa milih dosen enak ngajar dan enak kasi nilai itu privilege. Salah pilih dosen bisa berujung ketemu ade tingkat, alias ngulang matakuliah. Penjaga lab bisa kasih kamu kunci lab, biar kamu bisa nginep di kampus atau buka lab lebih awal. Penjaga parkir bisa bolehin kamu masuk ke kampus malem-malem atau pagi-pagi.


9. Dapet IP 4 itu sangat-sangat possible di tahun 2020 ini. asal milih dosennya bener, kalo kamu salah pilih dosen ya habis sudah. saya 2 kali dapet ip 3.8-3.9 something karena dosennya memang cuman kasih nilai B untuk semua mahasiswa. PGPS deh. Pintar Goblok Penilaian Sama.


10. BELAJAR STATISTIK YANG BENER!!!! ini saya capslock karena penting banget nget nget nget nget nget nget. di abad 21 ini statistik itu ilmu yang underrated, ketutup sama AI,Internet marketing dan aktuaria dan lain-lain. Padahal kalo kamu telaah lebih lanjut, semuanya yang saya sebut itu butuh statistik. Internet marketing pun butuh, untuk ngeliat adanya korelasi antara variabel x dan y. Skripsi pun pake. Intinya statistik itu mata kuliah yang menurutku wajib banget dapet A.


11. Saya punya kenalan, pernah meet sama organisasi dari kampus lain. Waktu rapat, tiba-tiba dia muntah. Saya yang diluar, kaget dong liat dia muntah. Tak kira hamil. Pas ku tanya kenapa muntah. “Buset deh, itu cewek yang disebelah bau banget ketek ,anj*ng”. Bau ketek itu ganggu banget. Jadi, sesulit apapun keuangan kamu. Jangan lupa pake deodoran ya. 2 rebuan doang loh rexona saset itu. Jangan jadi orang annoying dengan sharing bau ketek.


12. Kalo dapet bidikmisi, kuliah yang bener. You ga tau berapa orang budak korporat yang marah-marah gajinya kena potong 1-5 juta per bulan demi melancarakan kuliah kamu, harapannya kamu jadi orang bener bisa naikin GDP negara bukan nongkrong di up normal sambil ngudud samsu. Bidikmisi itu bantuan biaya (saya ga mau nyebut beasiswa, enak aja) kuliah yang paling top. kuliah dibayarin, perbulan dikasi jajan. mana ada yang laen sampe segitunya, saya dapet beasiswa paling top itu ya bisa cover semua uang kuliah aja. beasiswa ppa kemenristekdikti malah kecil banget setau saya, 2 jutaan. kalo kamu kuliah bayarannya 4 juta masih minus 2 juta. jadi, kuliah yang bener ya. Kalo tau orang tua kamu mampu, lepasin bidikmisi nya. saya pengalaman jadi team IT untuk sanggah UKT, pernah ada ibu-ibu sanggah ukt. kita kasih ukt golongan 4 karena bayaran listrik per bulannya agak gede, 400 ribuan. tau ga, kenapa listriknya bisa gede? karena dia tinggal di pinggir rel, 10 rumah listriknya jadi 1 tagihan. alias sharing tagihan listrik. saya yang pas itu dipanggil sempet nahan nangis, karena ini orang perlu dibantu. kok bisa ga kebagian bidikmis yang gini?


13. Sering-sering ikut lomba, saya beberapa kali ikut lomba yang level nya tingkat nasional. Ya seringnya disikat abis sih. Gemastik disikat abis sama sepering bertiga (ini nama team nya dari UI kalo ga salah), imagine cup lupa siapa lawannya tapi dicukur abis dan paling ngena dan nekat ya ikut hackathon berdua sama temen. Literally berdua. Hackathon. Coding 24 jam. Ga ada backup team dibelakang yang bantu. Nekat? jelas. 



Waktu hackathon itu lawannya banyak yang memang udah jadi startup di bidang pendidikan, salah satunya kemaren ditunjuk jadi penyedia kursus kartu pra kerja seingetku. kalah menang urusan belakang, yang penting jangan jadi katak dalam tempurung. minimal tau lah skill orang diluar, sejauh apa ketinggalannya. apa yang sedang diperlukan sama pasar. trend nya gimana? banyak nih di kampus medioker yang udah ngerasa paling hebat, ternyata pas lulus skill nya ga kepake karena udah sangat out of dated. gamau sebut kampus mana. tapi ada. Menang ya pernah di level yang lebih rendah pastinya, uangnya lumayan buat jajan. Tapi yang paling penting kan piala sama sertifikatnya, bisa dipake buat rame-ramein CV.


14. Ga perlu manfaatin jatah ga masuk, kalo bisa masuk ya masuk aja. Dosen itu sangat peka sama keaktifan mahasiswanya, sering nanya dan selalu masuk itu jadi nilai plus. terakhir kali saya manfaatin jatah ga masuk, hari itu ada quiz dadakan. nilai quiz saya 0. sukur nilai akhir saya masih dapet B pas itu.


15. Pasang muka anak rajin semenjak semester satu, dulu waktu sma saya berasa rockstar. tiap malem minggu gigs sana sini. pas kuliah mau bergaya gitu? wah ancur udah nilai saya. mending pasang muka anak rajin, dosen cepet inget. pasang muka bengal mah didiemin sama dosen biasanya. boleh being asshole, tapi punya license nya ga? pilih aja salah satu. 1. pinternya kebangetan, 2. bokap you hartanya kebangetan banyaknya.


16. Hit the record, saya dulu di notice sama dosen saya karena pernah satu angkatan yang dapet nilai bagus itu 3 orang doang. Salah satunya saya, abis itu saya dikasih judul skripsi yang mana itu adalah part of peneilitan doktoral nya beliau. Jadi percayalah, skripsi saya waktu itu ga receh. Dosen jadi inget sama kamu tuh banyak untungnya, ada proyek dibagi, ada kerjaan remeh-remeh duitnya banyak dibagi, ada temennya lagi cari karyawan kamu direkomenin untuk jadi karyawan.


17. Cari beasiswa itu harus tau dulu, kampus kamu segurem apa? modelnya saingan terbuka antar kampus atau ada kuota per kampus? saya lebih seneng cari yang terbuka antar kampus, biasanya lebih gede uangnya. kalo mau yang pasti dapet, yang ada kuota per kampus. kalo saya share list beasiswa nya mungkin udah ga relate sekarang, karena saya kuliah udah lewat 7 tahun lalu.


18. Ketika lulus, kalau bisa punya skill yang jadi andalan kalo mau dapet gaji langsung gede. Sebagai orang yang pernah pegang akun jobstreet salah satu company, saya kasih tau rahasianya. Tiap lowongan jadi admin project, itu yang daftar paling sedikit 1000 orang. Jadi receptionist bisa lebih dari 1000. Jadi java developer, kadang kalo ada 10 orang yang hari itu daftar aja udah sukur alhamdulillah. Ini anggapanya di company medioker ya. Kalo kayak ticket dot kom, trapeloka dan kokopedia beda cerita. Saya inget banget, tugas pertama kuliah saya adalah. Cari lowongan kerja, beserta skill yang dibutuhkan. Ga pernah saya lupa muka planga plongo saya waktu buka jobstreet “Ini mongodb apaan ya, jboss apaan ya?”. kalau belum bisa punya skill andalan, minimal punya skill basic yang dicari pasar.


19. Kalo bisa, waktu kuliah ikut english club atau apapun itu lah. Minimal biasain speaking. Kalo writing sama reading wajib bisa.


20. Skripsi itu baiknya ikutin dosen aja, udahlah. kali ini kurangin ego gapapa, ga perlu gondok sama dosen. ikutin aja maunya apa, kalo melenceng diingetin. selalu catet apa yang dosen mau dan saran-saran dosen. kalo kamu dapet dosen singit yang hari ini ngomong A besok ngomong Z, bisa kamu counter pake catatan kamu.


21. Buat yang eksakta, please banget. please. ngerti cara turunin rumus. ngerti, yang kamu pelajarin buat apa? integral tuh buat ngapain. kenapa harus ada matematika diskrit? kenapa ada aljabar linear? apa hubungan dua mata kuliah itu. intinya pelajarin dasarnya dulu. saya sempet kaget waktu bantu tesis salah satu mahasiswa ilmu komputer, minta saya bacain cara pake equation. karena ga bisa bacanya !!!!!


22. Kalau mau cepet paham materi secara menyeluruh, trik yang saya pake adalah. Sharing apa yang saya punya ke temen-temen, saya punya ilmu sedikit apapun akan saya sharing. Sering banget saya akan dapat insight saat sharing kayak

"Oh, iya ini seharusnya bisa gini ya".

Pemahaman saya jadi sedikit bertambah luas, terus biasanya akan ada bagian yang ga keliatan sama kita tapi keliatan sama temen kamu. Bisa jadi bahan diskusi. Ga perlu lah takut kalah saing.


Kadang dapet bonus temen atau adik kelas yang bilang

"thanks, nilai ku bagus"

itu bisa bikin happy. itu sih kalo saya, kalo yang susah liat orang seneng, seneng liat orang susah ya beda pandangannya.


23. Mulai proyek kamu sedini mungkin, semakin sering kamu praktekin ilmu kamu saat kuliah akan semakin bagus. Jangan cuman jadi tukang hafal aja.


24. (Khusus Mahasiswa Informatika) Copy paste code di internet itu memang gampang, tapi akan nyusahin hidup kamu kedepannya. Mending pelan-pelan kamu coding sendiri. Biasain nulis code, bukannya apa. Sebagai tukang interview di company papan tengah, saya sering banget ketemu lulusan informatika tapi ga bisa nulis code sama sekali. Saya tau, kalo pekerjaan IT itu ga selalu code. Tapi kuliah IT ga bisa nulis code sama sekali itu kan agak lucu ya.


25. Explore dunia luar, bisa ikut komunitas baik diluar atau dalam kampus (yang sesuai dengan minat dan major kamu). Nanti kamu akan tau banyak hal,

"Oh ini beasiswa ini kayaknya ga worth cenderung scam nih"

"wah ini conference ga mutu"

"eh ternyata pelajaran kampus x sama y beda jauh ya"


26. (Penting) ada waktunya kamu akan ngerasa salah jurusan dan bertanya.


27. Kuasain MS.Word dan Excel sejak dini, kayak buat daftar isi, paging, HLOOKUP,VLOOKUP. Sangat membantu


28. Biasakan mulai lakukan apapun sendiri, jangan apa-apa bareng temen. Kamu lamar kerja nanti sendiri ga sama temen. Pegang deh omongan saya.


29. Kalau ada jualan untuk dana usaha (kayaknya kampus papan tengah aja ni yang ada beginian), lakuin aja. Lumayan belajar sales door to door. Belajar ditolak itu perlu.


30. Jangan memisahkan diri dari teman-teman, ya biasa aja. tetep bersosialisasi, tapi tetep strict ke tujuan kuliah kamu. Sesekali nongkrong bolehlah asal ga ganggu waktu kamu, asal ga tiap hari aja.

"Bisa lulus ga ini gue ya?"

Saranku, kalau memang kamu ga punya pilihan lain. Tetep jalanin aja apa yang ada didepan, sebaik mungkin. Jangan jadiin nilai jelek kamu sebagai alasan salah jurusan. Emang kalau kamu pindah jurusan yakin nilainya bakal lebih bagus? kalo ga yakin, saranku gausa pindah. lumayan makan waktu, biaya dan tenaga. Except emang dapet pilihan yang lebih baik ya.


31. Be nice to everyone, ga perlu sok assh*le. Berbuat baik itu cost almost 0 kok. Kamu gatau kamu akan dapet channel dari siapa nanti. Gaperlu lah jadi tukang bully.


32. Sometime dosen akan suka kasih challenge, kayak


"kalian bisa kerjain soal ini, ga perlu masuk lagi kuliah saya akan saya kasih A"


Saran saya, coba aja kerjain. Siapa tau kamu bisa solving, lumayan kamu udah amanin 1 nilai A dan waktu kuliahnya bisa dipake untuk kejer mata kuliah lain.


33. Kurang tidur itu hal biasa bagi mahasiswa, tapi kalau kamu bisa atur waktu dengan baik tidur 8 jam dan tetep berprestasi itu bukan hal mustahil. So far, saya ga pernah 24 jam ga tidur. Even saat kerjain skripsi, karena ya itu. Semuanya ada planningnya.


34. Dekat dengan dosen itu bagus, salah satu caranya dengan berani nanya. Tapi nanya jangan asal tanya, pertemuan pertama kan kamu sudah dapat silabus 1 semester. Per pertemuan kamu sudah tau akan belajar apa, nah usahakan sebelum pertemuan kamu udah baca-baca dulu apa yang akan dijelaskan sama dosen. Kalau ada yang ga jelas, nanti bisa ditanya saat perkuliahan berlangsung. Biasanya, beberapa dosen sering adain pre test dan post test. Kadang ini masuk nilai, dengan colong start kamu bisa amanin nilai A.


Akhirnya tidak terasa sampai akhir artikel ya, buat sobat idnpedia yang tertarik baca tulisan seperti ini, tenang!! kami akan terus update kok, ok sekian dulu dan semoga bermanfaat. Cheers :).

Posting Komentar untuk "34 Hal yang Perlu Diketahui Mahasiswa Baru"