b{font-weight:bold;} Drone Bawah Air China Tertangkap di Perairan Indonesia - IDN PEDIA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Drone Bawah Air China Tertangkap di Perairan Indonesia

    China dilaporkan telah mengirim Drone bawah air ke kawasan Samudra Hindia. CAS mengatakan kelompok drone melakukan perjalanan lebih dari 12.000 kilometer atau 7.500 mil secara kolektif. 

Dan saat yang sama juga ditemukan di perairan Indonesia.

Drone bawah air China

Ini adalah jenis sea glider, dimana dia akan berulangkali timbul tenggelam secara mandiri untuk mengumpulkan data data berupa tekanan, temperatur, salinitas, dan arah arus laut ketika dia menyelam. Umumnya sea glider memang didesain untuk menjalankan misi seperti ini.

Sea Glinder China


Drone bawah laut

Drone bawah laut china

China tidak "memata matai" laut Indonesia. China, berdasarkan barang bukti drone ini dan spesifikasinya, sedang memetakan arus laut Indonesia.

Gunanya buat apa? tanyamu.

Kami kasih contoh saja deh.

Untuk kegunaan sipil, ini bisa digunakan untuk memprediksi dimana arus yang akan digunakan oleh kawanan ikan untuk bermigrasi. Bisa buat panen besar besaran sementara nelayan konvensional cuma bisa ngaplo.

Kegunaan militer ada? JELAS ADA. Dengan memetakan arus laut, kapal selam bisa mengikuti arus tersebut untuk berlayar dengan tenaga dan kebisingan minimal. Trik ini sudah jamak digunakan kapal kapal selam Russia untuk berkeliaran kemana mana sambil tetap senyap dan sulit dideteksi.

Dan sekarang China sudah bisa melakukan hal serupa sampai jauh kedalam perairan Indonesia. Ini masalah serius bagi kedaulatan Indonesia. Bayangkan, drone yang dilengkapi kamera dan kendali satelit ini ketemu di Sulawesi selatan lho.

Pulau ditemukan Drone bawah laut

Berikut peta lokasi dimana Drone bawah air China ditemukan dalam 2 tahun terakhir.

Drone bawah air china di perairan Indonesia


Kemampuan memeriksa glider dan muatannya dapat memberi beberapa tingkat informasi yang berguna untuk intelijen China sendiri. Militer Indonesia kemungkinan besar akan mengambil alih drone yang ditemukan oleh para nelayan, mencari informasi yang berguna tentang kemampuan dan aktivitas mereka.

Posting Komentar untuk "Drone Bawah Air China Tertangkap di Perairan Indonesia"