b{font-weight:bold;} Sudah Tahukah Sobat? Ini 12 Jurusan Kuliah yang Peluang Kerjanya Tak Akan Tergantikan oleh Robot - IDN PEDIA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sudah Tahukah Sobat? Ini 12 Jurusan Kuliah yang Peluang Kerjanya Tak Akan Tergantikan oleh Robot

Dari sisi pragmatis, penasaran nggak sih Sobat, apa saja jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang? Udah capek-capek kuliah, masak masih bengong aja setelah lulus? Enggak banget, kan! 


Lalu Apa sih jurusan saat kuliah yang saat kita lulus, pekerjaannya tidak akan tergantikan oleh teknologi?


Banyak orang tidak sabar menanti apa hal selanjutnya yang bisa dilakukan oleh teknologi, tapi ada juga yang sebaliknya, orang yang justru takut pada apa yang bisa dilakukan oleh teknologi. Bisa dimengerti sih sebenarnya.


Kalau pernah membaca Doraemon, mungkin salah satu Quorawan dan Quorawati juga pernah bertanya-tanya: "Kok kayaknya semua profesi bisa digantikan teknologi? terus nanti manusianya kerja apa?".


Padahal meskipun kelihatannya teknologi bisa menggantikan semuanya, sebenarnya tidak juga lho.


Ada bidang profesi yang sulit atau bahkan tidak mungkin sepenuhnya digantikan oleh teknologi, mungkin ini bisa jadi referensi kalau kamu paranoid soal kemajuan teknologi. Ini dia:


1. Filsafat



Sebab ilmu lahir dari pemikiran dan imajinasi. Inilah gunanya filsafat


2. Komunikasi, sastra, dan ilmu budaya



Komunikasi, sastra, dan ilmu budaya adalah bidang yang berbeda, tapi punya satu kesamaan: mereka sama-sama membutuhkan kreativitas. Kreativitas ini sendiri biasanya membutuhkan kecerdasan emosional seperti empati, karena itu bidang tersebut sulit digantikan teknologi yang otomatis tidak bisa berempati dengan manusia.


3. Information Technology (IT)



Jika tidak ada seorang IT engineer dibaliknya tidak mungkin teknologi-teknologi cerdas yang ada saat ini tercipta


4. Pendidikan



Mungkin kita bisa punya robot yang super pintar dan bisa menghafal ribuan rumus matematika, dan mungkin hal itu akan sangat membantu dunia pendidikan. Tapi kualitas yang dibutuhkan oleh bidang pendidikan bukan hanya kecerdasan intejensia, tapi juga kecerdasan emosional untuk membimbing murid-muridnya jadi manusia yang lebih baik, yang hanya bisa disediakan oleh guru. Karena itu teknologi mungkin hanya akan sebatas jadi penunjang kegiatan pendidikan, tidak akan sampai menggantikan tenaga pendidik.


5. Hukum



Bidang hukum perlu diisi oleh tenaga yang mampu membuat pertimbangan yang adil dan bermoral, dan karena itu kebutuhan itulah maka bidang hukum tidak akan sepenuhnya digantikan oleh teknologi yang tidak bisa memiliki kualitas kebijaksanaan.


6. Manajemen



Ketika teknologi semakin menyebar ke berbagai bidang profesi, maka akan timbul permintaan untuk mengendalikan teknologi tersebut supaya tidak justru merusak tatanan usaha atau kehidupan. Makanya, tenaga manusia di bidang manajemen justru akan semakin dibutuhkan saat industri teknologi semakin tumbuh.


7. Kedokteran



Kalau yang ini sudah jelas, karena pekerjaan ini berkontak langsung dengan manusia, rasanya tidak mungkin kalau perannya digantikan robot secara menyeluruh. Robot memang bisa menghitung tekanan darah, tapi robot tidak bisa merasakan rasa sakit.


Ada begitu banyak pertimbangan dan penilaian medis yang mustahil dilakukan oleh robot, terutama di saat darurat. Di sisi lain, saya yakin manusia juga tidak mau mempercayakan nyawanya di saat darurat pada teknologi yang tidak peduli pada mereka. Karenanya, dokter akan terus dibutuhkan sampai nanti.


Tapi saya tidak merekomendasikan jurusan ini jika orientasi anda uang

 

8. Matematika



Matematika adalah induk dari semua ilmu. Untuk menciptakan program dibutuhkan orang Matematika. Untuk menganalisis data juga perlu orang Matematika


9. Teknologi Bioproses/Bioteknologi



Mereka dibutuhkan untuk menciptakan inovasi di bidang sandang, pangan, energi, dan manufaktur yang akan terus bertumbuh selama manusia ada


10. Psikologi



Seperti halnya bidang seni dan kreatif, psikologi adalah bidang yang sangat membutuhkan empati, terutama karena berhubungan langsung dengan orang-orang dengan mental dalam kondisi tidak sehat. Kalau hal ini dipercayakan sepenuhnya pada teknologi sudah jelas tidak bisa, karena manusia tidak mungkin bisa menjalin ikatan emosional dn kepercayaan dengan teknologi.


Selain itu, di era digital kejahatan bisa semakin canggih (remember silk road and psychopat forum on deep web, ragazzi?) dibutuhkan psikolog-psikolog forensik profesional untuk mengurai kasus kriminal seberat itu

 

Karenanya psikolog dan psikiater tidak akan bisa digantikan oleh teknologi.


11. Teknik Elektro



Tidak mungkin ada kemajuan teknologi tanpa orang yang mampu merekayasa sistem kelistrikan


12. Agama



Dan dilist terakhir, yapp, Agama.

Sampai saat ini belum ada AI yang dapat melakukan aktivitas keagamaan yang menyentuh dan universal


Buat sobat  yang sudah menekuni disiplin ilmu tersebut di atas, maka tidak perlu takut kehilangan pekerjaan. Kalian bisa memperdalam kemampuan agar kelak bisa lebih bersaing di pasar kerja. Cheers, IPC.

Posting Komentar untuk "Sudah Tahukah Sobat? Ini 12 Jurusan Kuliah yang Peluang Kerjanya Tak Akan Tergantikan oleh Robot"