b{font-weight:bold;} Mengenal Investasi dan Kapan Waktu Tepat Memulainya - IDN PEDIA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Investasi dan Kapan Waktu Tepat Memulainya

Investasi kini bukan istilah yang asing lagi didengar di telinga kita. Lalu apasih investasi itu?. Lebih jelasnya, investasi merupakan aktivitas yang menempatkan dana dalam satu periode. Harapannya, penggunaan dana itu dapat menghasilkan sebuah keuntungan dan juga peningkatan dalam nilai investasi.

Investasi

Selain itu, investasi juga berhubungan dengan bentuk aktiva yang diharapkan dapat meraih keuntungan di masa yang akan datang.

Orang yang melakukan kegiatan investasi ini biasa disebut investor. Terkadang, investasi juga disebut penanaman modal pada suatu perusahaan. Tentunya istilah kata yang satu ini sangat sering ditemukan dalam dunia bisnis.

Pertambahan pendapatan bisa mendorong investasi menjadi lebih besar, dan dengan begitu bunga yang tinggi bakal menurunkan minatnya untuk berinvestasi karena hal itu akan menjadi lebih mahal daripada meminjam uang.

Aku (dan kamu) tak ingin bekerja

Bekerja itu melelahkan. Seringnya membosankan.

Cita-cita ultimate adalah dapat duit, ga usah pake kerja.

Tapi karena terpaksa, ya walau membosankan, melelahkan, kita ga bisa keluar dari kerja. Kita terpaksa kerja. Tak bekerja tak makan.

Kita cuma bisa tahan kerja secara antusias dalam waktu terbatas. Setelah beberapa periode kita mulai burn out. Apalagi jika hasil kerja tidak meningkat, gaji dan penghasilan menetap.

Kita sering bertanya-tanya, kenapa pekerjaan yang kita sukai, tidak menghasilkan. Sementara pekerjaan yang tidak kita sukai, malah menghasilkan.

Kita ingin tak usah bekerja, hanya melakukan hobi, atau kesukaan tapi bisa dapat uang. Tanpa komitmen, kedisiplinan, dan sebagainya.

Kita memimpikan dunia tersebut.

Dunia kearah yang lebih baik

Dunia ini semakin maju. Handphone atau smartphone yang tadinya hanya dimiliki segelintir orang, kini jadi milik mayoritas. Pesawat yang dahulu menjadi moda transportasi eksklusif kini bisa dinikmati lebih banyak orang.

Tuan tanah dan raja dahulu, belum tentu bisa keliling dunia. Hari ini, backpacker pun bisa keliling dunia.

Akan datang era post scarcity. Dimana hampir semua manusia bisa mendapat apa yang diinginkan, tanpa bekerja. Tempat tinggal, makanan, jaminan kesehatan, pendidikan. Untuk barang atau jasa yang luxury tetap hanya milik orang terkaya.

Masa itu akan datang, pasti. Sama seperti tak terbayangkannya video call bisa dilakukan semua orang, baju murah dan trendy bisa dibeli semua orang, makanan yang ada dimana-mana, bahkan tiap hari berganti menu.

Ingatkah kita masa dimana orang tua kita makan dengan lauk telur satu buah untuk 8 anak? Atau saat kita makan nasi berlauk margarin?

Masa itu dahulu lewat. Masa kini juga akan lewat. Dunia post scarcity akan terjadi pasti.

Hanya saja,,

Dunia itu belum akan terjadi dalam waktu dekat. Semua butuh proses. Butuh waktu.

Padahal kita sudah lelah sejak hari ini. Kita ingin pensiun sejak sekarang. Kita ingin melakukan apa yang ingin kita lakukan. Bukan melakukan yang tidak kita ingin, tapi terpaksa, karena menghasilkan uang.

Solusi itu bernama investasi. Yah, apalagi. Apalagi cara untuk terbebas dari pekerjaan melelahkan jika bukan investasi.

Pendapatan pasif

Tanpa bekerja (aktif), dan hanya pasif. Tetap mendapatkan uang untuk makan, tinggal, dan menjaga kesehatan.

Pendapatan perkapita Indonesia sekitar 5 juta rupiah perbulan perorang. Dengan uang 5 juta/bulan/orang di Indonesia sudah cukup untuk kebutuhan dasar: makan, tidur, dan membayar BPJS.

Hanya tiga hal itu yang dibutuhkan bukan? Makan, tidur, sehat.

Sisa waktu bisa dipakai untuk apapun yang kita inginkan: Tinderan sepanjang hari, Mobile Legend, Pergi ke tempat ibadah, jalan-jalan, olahraga, apapun.

Tapi untuk bisa hidup hanya dibutuhkan makan, tidur di kos atau kontrakan dan sehat.

Dan uang 5 juta rupiah perbulan perorang pastilah cukup. Karena itulah angka GDP perkapita kita. Tidak mungkin tidak cukup.

Boleh anda melakukan itu semua (bersenang-senang dan tetap hidup, tanpa bekerja) nanti diusia 60 tahun, boleh juga diusia 40 tahun.

Yang anda perlukan hanyalah pendapatan pasif tanpa bekerja 5 juta rupiah saja perbulan. Betul?

Nest Egg

Untuk mendapat pendapatan pasif 5 juta perbulan atau 60 juta pertahun, anda memerlukan sebuah dana abadi atau nest egg. Yang bisa tetap utuh, si dana abadinya. Dan hanya mengambil telurnya saja.

Kalikan saja kebutuhan pendapatan pasif tahunan tadi dengan angka 20 atau 25.

1,2 Miliar. Adalah dana abadi yang anda butuhkan. Yap. Hanya segitu.

Dana 1,2 Miliar akan menghasilkan hasil investasi sekitar 5% pertahun setara 5 juta perbulan.

Kapan mulai investasi yang tepat?

Jika penghasilan saya saat ini 50 juta, dan bisa menyisihkan 20 juta perbulan, maka hitungan kasar 6 tahun lagi, saya sudah bisa meraih yang saya inginkan.

Jika penghasilan saya saat ini 10 juta dan bisa menyisihkan 5 juta sebulan, maka 20 tahun adalah hitungan kasar untuk bisa hidup bebas. Tidak bekerja tapi bisa hidup, dan melakukan yang saya inginkan.


1,2 M. Itu adalah harga kebebasan kita. Sudah punya berapa? Mau mulai kapan? Atau mau tidak bebas sampai akhir usia?


Waktu investasi yang tepat, untuk segera merdeka dari budak korporasi adalah sekarang.  

Kenapa? Karena keajaiban dunia ke 8 adalah Compounding /Bunga berbunga.


Dari gambar di atas kita lihat total modalnya cuma $30.000, dengan tingkat bunga 7%, di akhir periode 30 thn nilainya $102.073!

Fun fact: Kalau interest rate 15%/tahun bahkan nilainya bisa mencapai $500.956!

Saya berharap saya sudah memulai menabung lebih awal, karena semakin lama compoundingnya akan semakin gila!( in a good way)

Semakin cepat seseorang memulai berinvestasi, maka akan semakin bermanfaat efek bunga berbunga ini. Penundaan selama 10 tahun bisa menghasilkan perbedaan yang drastis.


Bila dilihat dari tabel di atas, perbedaannya cukup signifikan. Kurang lebih hampir 2x. Inilah alasannya semakin cepat semakin baik.

Akan tetapi, bukan berarti dengan teori ini semua orang harus mulai berinvestasi tanpa mulai mempelajari bagaimana investasi itu sendiri berjalan.

Sebelum memulai berinvestasi ada baiknya mempelajari dasar-dasar dalam berinvestasi. Hal-hal itu bisa saja mulai membaca buku mengenai keuangan pribadi. Contoh yang terkenal Rich Dad Poor Dad oleh Robert Kiyosaki, atau buku-buku serupa.

Buku ini bisa kamu dapatkan gratis dengan mencari audio book nya di YouTube. Tetapi memang harus bisa bahasa Inggris.

Selain itu bagaimana cara pasar modal bekerja, bagaimana reksadana bekerja, dari mana keuntungan yang didapat dalam menempatkan dana di suatu instrumen investasi, apa saja resikonya, apa saja investasi alternatif, dsb

Temukan instrumen investasi yang sesuai dengan risk appetite Anda dan disiplinkan diri untuk menabung setiap bulan.

Bagian tricky nya adalah terlalu lama belajar dan tidak melakukannya. Ini sih akan sama bohong, akhirnya manfaat efek bunga berbunga juga tidak didapatkan.

Jadi, setelah cukup mengerti bagaimana secara garis besar bagaimana investasi bekerja, mungkin sudah bisa untuk memulai berinvestasi.

~Cheers. 

Posting Komentar untuk "Mengenal Investasi dan Kapan Waktu Tepat Memulainya"