b{font-weight:bold;} Ini Nih List Pemilik Media Televisi di Indonesia - IDN PEDIA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Nih List Pemilik Media Televisi di Indonesia

Dari sekian banyak Stasiun TV di Indonesia, pemiliknya hanya beberapa orang loh. Jadi apa yang kalian lihat di media ya dikendalikan orang ini.  

Tap hal ini jarang terungkap ke publik loh ya, jadi ya termasuk informasi ekslusif dari kami admin idnpedia. Mhuwww

Ok langsung ke poinnya, 
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Merlyna Lim tahun 2012 , dari sekian banyak media yang ada di Indonesia jika dipetakan kepemilikian media-media tersebut hanya dimiliki oleh 13 perusahaan induk. Jadi bisa dibayangkan apa yang kita konsumsi sehari-hari dari media televisi Indonesia ditentukan oleh 13 orang pemilik media tersebut.


Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Ross Tapsell tahun 2017 dalam bukunya yang berjudul Media Power in Indonesia: Oligarchs, Citizens and the Digital Revolution konglomerasi media masa di Indonesia hanya dimiliki oleh 8 perusahaan induk saja.










Sebagaimana ungkapan oleh John Naisbitt seorang penulis di Amerika,

Sumber baru kekuasaan adalah informasi di tangan banyak orang (new source of power is information in the hand of many)

Akhirnya para konglomerat yang menjadi pemilik, bos, atau pemimpin kelompok media tersebut pun satu per satu bermain politik atau menjadi politikus. Bos Media Group Surya Paloh mendirikan Partai Nasdem; Bos MNC Group, Hary Tanoe mendirikan Partai Perindo; dan Bos Trans Media, Chairul Tandjung, pun sempat menjadi Menko Perekonomian era Presiden SBY, namun hanya beberapa bulan (Mei-Oktober 2014). 

Jadi sobat masih percaya televisi di Indonesia?

Posting Komentar untuk "Ini Nih List Pemilik Media Televisi di Indonesia"