b{font-weight:bold;} Ini Keuntungan Punya Banyak Rekening Bank - IDN PEDIA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Keuntungan Punya Banyak Rekening Bank

Kebanyakan dari kamu yang membaca artikel ini pastii memiliki beberapa teman dilingkungan pergaulan yang memiih menggunakan beberapa rekening, entah ada yang menggunakan dua, tiga, empat, bahkan lebih.


Hmm, yang biasa menggunakan satu rekening pasti bertanya-tanya –iya kan?-- , apa sih manfaat nya memiliki banyak rekening?

Setelah saya riset kecil-kecilan, alasannya beragam, mulai dari iseng iseng biar kelihatan keren. Sampai benar benar untuk mengambil manfaat.

Daripada kamu bingung manfaat apa sih yang dapat diambil, berikut kami paparkan alasan seorang mahasiswa yang memilih menggunakan banyak rekening:

--------------------
Saat ini saya masih mahasiswa receh yang uangnya semua dari orang tua, tidak seberapa yang bisa saya tabung tapi saya tetap memiliki dan menggunakan 4 rekening yang berbeda. Tujuanya cuma satu yaitu "Money Management".

Sistem Money Management yang saya anut adalah adaptasi dari sistemnya T.Harv Eker yang bernama "6 JARS System of Money Management".

Empat rekening yang saya gunakan memiliki fungsi dan tujuanya masing-masing sehingga uang untuk satu hal tidak akan bercampur dengan uang untuk hal lainya.

1. Rekening untuk makan dan pengeluaran rutin sehari-hari. 
Saya menggunakan rekening BNI Syariah karena ATM nya paling dekat sehingga memudahkan kapanpun saya butuh tarik uang dan biaya administrasi nol karena saya memilih akad wadiah (penitipan) sehingga tidak ada biaya admin namun juga tidak ada bunga/bagi hasil.

2. Rekening Tabungan Dana Darurat.
Sesuai namanya rekening ini khusus untuk menabung dana darurat dan uangnya tidak boleh dipakai selain itu, karena pada dasarnya uang ini akan nganggur maka saya cari Bank yang bunganya paling tinggi, pilihan saya jatuh pada Jenius yang memiliki fitur Flexi Saver, bunga hampir setara deposito tapi tidak memiliki tenor, bisa ditarik kapanpun dan biaya administrasinya nol, plus jenius ada bonus gratis tf dan gratis tarik atm manapun.

3. Rekening Tabungan Pengembangan Diri. 
Saya sadar bahwa saya masih belum punya penghasilan sehingga nabung atau investasipun tidak akan signifikan namun tidak berarti saya tidak belajar untuk menabung dan investasi. Dari perenungan yang ada tabungan atau investasi yang saya lakukan akan memiliki return yang tertinggi jika saya menabung untuk meningkatkan skill diri saya sendiri. 

Rekening ini saya dedikasikan untuk menabung yang uangnya akan saya pakai untuk pengembangan diri seperti membeli buku dan seminar/course berbayar. Saya mencari bank yang tidak memiliki biaya admin dan waktu pendaftarannya banyak sekali bonus cashbacknya.

Pilihan saya jatuh pada Digibank (Bank DBS). Menjadi masalah karena bank nya belum populer namun kemudian tidak menjadi masalah karena transfer bank apapun sekarang bisa gratis dengan apps pihak ketiga yaitu Flip.id atau oy indonesia.

4. Rekening Penampungan Investasi. 
Warren Buffet berkata 
If you don't find a way to make money while you sleep you will work until you die.
Meski receh begini saya mencoba untuk belajar investasi dengan terlebih dahulu membangun HABIT investasi, dan habit itu dimulai dari disiplin "uang investasi jangan kecampur uang apapun" sehingga saya pisahkan uangnya di rekening tersendiri untuk kemudian saya salurkan ke instrumen investasi yang cocok.

Berarti rekening ini harus memiliki jaringan yang luas sehingga uangnya tidak akan kepotong biaya transfer ini itu. Pilihan saya jatuh pada Bank BCA, tentu anda juga tahu betapa luasnya jaringan BCA. Ini satu-satunya bank yang saya gunakan yang ada biaya adminya.

5. Rekening Lain-Lain.
Di jenius ada fitur "Rekening Bisnis" yang nomor rekeningnya terpisah meski satu akun, karena saya tidak rugi apapun maka rekening ini saya aktifkan, ternyata ini mempermudah saya dalam benar-benar memisah uang yang kebetulan bukan uang milik saya seperti uang acara organisasi dll.

Sejauh ini banyak rekening diatas tidak signifikan jika yang dilihat adalah rupiah isinya (apalagi saya cuma mahasiswa. Namun yang paling berharga bagi saya adalah MEMBANGUNG DISIPLIN dalam manajemen uang yang baik.

Milyarder seperti Nicholas Cage pemeran National Treasure dan Mike Tyson yang pernah menjadi petinju termahal di dunia akhirnya sampai di fatwa bangkut oleh pengadilan Amerika padahal penghasilan mereka selangit tapi mereka jatuh ke jurang kebangrutan bukan karena penghasilan mereka kecil tapi karena disiplin keuangan mereka yang buruk

Orang menjadi kaya bukan karena memiliki millionaire income, orang menjadi kaya karena miliki millionaire mind. Sebuah rekomendasi buku yang sangat kami anjurkan untu sobat idnpedia baca "Secrets of the Millionaire Mind: Mastering the Inner Game of Wealth" by T. Harv Eker.

Berikut ilustasi lengkap tentang 6 Jars Money Management System.



Bagaimana? Sudah tahu kan manfaat memiliki banyak rekening. Jadi sebisa mungkin sobat juga meniru nya. Karena ada banyak keuntungan yang kamu dapat bila melakukan ini.. Cheers.


Posting Komentar untuk "Ini Keuntungan Punya Banyak Rekening Bank"