b{font-weight:bold;}

Panduan Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Kehilangan file atau data yang penting di flashdisk baik disebabkan virus atau tidak sengaja terhapus memang membuat kita bingung dan panik, lalu apakah bisa cara mengembalikan file tersebut yang hilang atau terhapus di flashdisk?

Namun, anda gak perlu khawatir, anda bisa mencoba cara yang saya lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Kali ini admin akan mengulas cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk, baik itu secara manual maupun dengan software. 



Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk tanpa bantuan software pihak ketiga, artinya kita tidak perlu menginstal program tambahan, cukup dilakukan dengan menggunakan program komputer yakni cmd (Command Prompt) atau bisa menggunakan restore previous session.

Sedangkan cara mengembalikan file yang terhapus dengan software menggunakan program PC Inspector File Recovery. Ulasan caranya akan saya jelaskan di bawah ini, silahkan disimak baik-baik.
Cek penyebabnya terlebih dahulu, apakah file terhapus karena virus atau bukan?
Hal yang harus kalian lakukan sebelum melakukan pengembalian file yang terhapus, kalian musti tau penyebab kenapa file hilang, apakah terhapus secara tidak sengaja atau terhapus oleh virus. Langkah-langkah pengecekannya dibawah ini :
  • Klik program Windows Explorer atau dengan tombol Windows+E ada keyboard
  • Pilih drive dimana flashdisk kita berada, misal di drive F:namaflashdisk, kemudian klik kanan - Pilih properties. 
  • Jika pada tab properties used spaces nya tidak 0 (nol), berarti file di dalam flashdisk hilang karena virus.
Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Tanpa Software

Cara Mengembalikan File yang Terhapus dengan CTRL+Z

Cara cepat dan praktis untuk mengembalikan file yang terhapus dengan ctrl+z tidak membutuhkan waktu lama, hanya beberapa detik saja. Jadi, misalnya secara tidak sengaja file anda terhapus dan anda merasa kebingungan harus mencarinya dimana? Tinggal tekan ctrl + z.

Namun kekurangan cara ini yakni hanya dilakukan apabila setelah kalian menghapus file tersebut dan kalian langsung menekan ctrl + z. Jadi apabila setelah kalian menghapusnya, dan kalian melakukan pengoperasian lain misalnya meng copy file dan lain sebagainya bahkan merestart komputer, maka cara ini tidak akan berfungsi. 


Cara Mengembalikan File yang Terhapus / Tersembunyi dengan Hidden Files and folders

Setelah kita mengetahui penyebab flashdisk terkena virus atau bukan, maka langkah selanjutnya yakni mengecek file-file yang di flashdisk kita apakah tersembunyi / hilang saja. Kita bisa menggunakan tool yang sudah ada di windows yakni hidden files and folders yang ada di menu folder and search option.
  • Masih di tampilan layar windows explorer, jika sudah keluar, tekan saja langsung tombol Windows+E pada keyboard.
  • Klik menu Tab Organize - Pilih Folder and Search Options

  • Setelah muncul menu bar, Klik Tab View - Klik Show hidden files, folders, and drivers - Klik OK 

Sekarang anda bisa melihat di flashdisk anda, file dan folder yang terhapus/hilang mungkin sudah muncul kembali, jika masih belum muncul juga, kalian dapat melakuka cara berikutnya dibawah ini.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk dengan Command Prompt (CMD)

Cara alternatif lainnya untuk mengembalikan file yang terhapus / hilang di flashdisk yaitu dengan menggunakan CMD. Ikuti tutorialnya dibawah ini :

  • Klik Start - Ketik di Search programs and files "cmd" (tanpa tanda petik) - Pilih Programs cm

  • Muncul tampilan C:\windows\system32\cmd.exe - Ketik CD.. - Kemudian enter
  • Ketikkan alamat drive flashdisk anda berada, misal di G, maka ketik G: , hasilnya C:\Users>G: - Tekan enter
  • Ketik ATTRIB *.* -S -H -R /S /D kemudian tekan enter, 
  • File dan folders anda yang tersembunyi/hilang sudah muncul kembali

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Menggunakan Software

Cara mengembalikan file yang terhapus secara permanen, yaitu dengan bantuan software pihak ketiga yakni PC Inspector File Recovery. Aplikasi ini gratis dan mudah digunakan. Langkah -langkahnya sebagai berikut :
  • Download aplikasinya terlebih dahulu disini : PC Inspector File Recovery
  • Jika sudah di download, jalankan aplikasinya. Pilih Recovery Deleted Files - Kemudian pilih drive yang ingin di eksplorasi, misal di flashdisk, maka pilih G:namaflashdisk. - Kemudiancentang warna hijau
  • Tunggu sampai proses scanning selesai, jika file dalam status Good, maka memungkinkan untuk dikembalikan.
  • Setelah pilih file yang ingin di restore - Klik Kanan - Save to ....
  • Tunggu sampai proses restoring selesai
Akhir Kata

Demikianlah artikel dari admin kali ini tentang cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk dengan berbagai cara, baik manual maupun dengan software. Apabila ada cara lainnya yang lebih bagus dan cepat dalam mengembalikan file yang terhapus, silahkan bisa ditambahkan melalui kolom komentar dibawah agar bisa kami bantu tambahkan di artikel ini.  Selamat Mencoba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Panduan Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel