b{font-weight:bold;}

Cara Konfigurasi IP Address Pada Windows Server

Setelah mengkonfigurasi Local Server pada artikel sebelumnya sekarang kita akan mengkofigurasi IP Address yang sebenarnya juga terletak pada menu Local Server. Jika belum melihat artikel tentang Local Server Klik disini untuk melihat. Berikut topologinya :


1. KONFIGURASI PADA SERVER
Masuk ke Server Manager dan pilih Local Server. Selanjutnya klik disebelah nama interface yang akan diberi IP Address yaitu Ethernet0.


Double klik pada interface yang akan diberi IP Address(1), lalu kilk Properties(2), pilih Internet Protocol

Version 4(3), kemudian atur IP Address sesuai degan topologi(4). Setelah selesai klik OK dan OK.


Setelah dikonfigurasi IP Address, kita perlu mengatur network adapter pada server. Atur menjadi Lan Segment dan pilih Lan Segment yang menghubungkan Router dengan server.


2. KONFIGURASI PADA ROUTER
  • Disini kita menggunakan router virtual mikrotik yang berformat .ova (Open Virtualization Format Archive). Untuk menambahkanya kita hanya perlu memilih “Open a Virtual Machine” didalam home VMware.



  • Sesuai dengan topologi ether1 terhubung ke internet, ether2 terhubung ke server, dan ether3 terhubung ke client. Atur network adapter pada router sesuai degan topologi diatas, defaultnya hanya terdapat 2 network adapter pada router maka kita perlu menambahkanya terlebih dahulu. Pada Virtual Machine Settings Router, terlihat hanya terdapat 2 network adapter untuk menambahkannya klik add.



  • Kemudian pilih Network adapter, dan pilih Finish.



  • Kita atur dahulu agar Vmnet0 terhubung dengan perangkat fisik yang terhubung ke internet yaitu mode dengan mode bridged. Untuk mengaturnya kita harus mengetahui merk adapter kita, bisa dilihat pada Network and Sharing Center kemudian pilih change adapter settings kemudian akan tampak seperti dibawah ini,akan terlihat merk adapter kita :



  • Lalu pada VMware klik menu edit kemudian pilih Vertual Network Editor setelah itu pilih Change Settings.




  • Klik pada VMnet0 jika belum ada maka klik “Add Network” kemudian pilih VMnet0. Setelah itu pada VMnet information pilih Bridged, kemudian klik pada “Bridged to” lalu pilih merk adapter kita. Setelah selesai klik Apply lalu OK.



  • Pada “Network Adapter” Pilih Costum lalu pilih VMnet0. Pada “Network Adapter 2” Pilih Lan Segment lalu pilih Lag segment yang menguhungkan Server dengan Router. Kemudian pada “Network Adapter 3” pilih Lan Segment dan pilih Lan Segment yang menghubungkan Client dengan router. Setelah itu klik OK.


  • Kemudian login ke router dengan username dan password defaultnya yaitu, username :admin password: (kosing)



  • Cek nama interface dengan perintah #int print



  • Kemudian tambahkan IP pada tiap-tiap interface sesuai dengan topologi dengan perintah berikut #ip address add address ip yang akan ditambahkan/netmask interface=nama interface



  • Untuk memastikan IP Address sudah ditambahkan cek dengan perintah #ip add print


3. KONFIGURASI PADA CLIENT

  • Pada Network Adapter atur agar menjadi Lan Segment dan pilih Lan Segment yang menghubungkan Router dengan Client.



  • Klik kanan pada ikon komputer yang ada di pojok kanan bawah, lalu pilih “Open network and Sharing Center”. Kemudian pada network and sharing center pilih “Change Adapter Settings”


  • Double klik pada interface yang tersedia, lalu klik “Properties” kemudian pilih IPv4 dan masukkan IP sesuai dengan topologi. jika sudah klik Ok dan Ok untuk menyimpan.


4. PENGUJIAN
Sebelum melakukan tahap pengujian kita harus memastikan tidak ada nertwork adapter yangpucat pastikan semuanya menyala. Dan pastikan pengaturan network adaper sudah sesuai.



  • Pertama lakukan ping dari Server ke Router kemudian ke Client.



  • Kedua lakukan ping dari Client ke Router dan ke Server



  • Ketiga lakukan ping dari Router Ke Client dan ke Server


Jaringan sesuai topologi sudah berjalan dengan baik. Jika sampai disini ada yang sobat ingin tanyakan, silahkan melalui kolom komentar atau langsung contact admin. Selamat Mencoba. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Konfigurasi IP Address Pada Windows Server "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel