b{font-weight:bold;}

Cara Disable Cortana di Windows 10

Para pengguna windows 10 pasti sudah tidak asing dengan cortana, sebuah artificial intelligence (kecerdasan buatan) yang dikembangkan oleh microsoft.


Layaknya asisten pribadi, Cortana mampu membantu penggunanya untuk melakukan manajemen terhadap kegiatan sehari-hari seperti pengingat jadwal, mencari tempat, mencari informasi terbaru dan bahkan mengirim email.

Fitur ini mirip dengan Google Now yang dikembangkan oleh google dan juga Siri yang dikembangkan oleh Apple. Melalui fitur Voice Command Cortana mampu menjalankan aplikasi yang terinstal dan menjawab pertanyaan-pertanyaan lalu memberikan informasi yang diperoleh dari Bing.

Tetapi sebagian pengguna laptop atau komputer justru malah menganggap Cortana sebagai fitur yang tidak berguna di windows 10, karena hanya akan memakan RAM dan menambah berat kinerja laptop sehingga mengakibatkan laptop menjadi boros baterai.

Selain itu Cortana hanya akan berjalan maksimal jika perangkat tersambung dengan internet, hal itulah yang membuat sebagian pengguna windows 10 lebih memilih mematikan fitur Cortana di laptop mereka.

Bagi pengguna windows pemula mungkin kesulitan dan tidak tau bagaimana cara menonaktifkan Cortana di laptop, karena Microsoft sendiri sudah menghapus opsi pada settings di dalam Cortana yang berfungsi untuk mematikannya.

1. Jalankan RUN (Windows + R) dan ketikan gpedit.msc untuk membuka Group Policy Editor



2. Pada Computer Configuration buka Administrative Templates > Windows Component > Search


3. Cari pengaturan buka dengan cara klik ganda atau klik kanan dan pilih edit


4. Pilih Disabled dan simpan dengan mengklik tombol OK

5. Restart laptop

Jika sudah merestart komputer atau laptop maka Cortana sudah berhasil di matikan, kamu bisa mengeceknya dari pencarian di start menu. Windows akan menampilkan pesan Search indexing was turned off jika Cortana tidak dalam keadaan aktif.

Cortana memang sangat berguna bagi sebagian orang yang memang menggunakannya, terlebih lagi untuk pengguna komputer tablet dan windows phone.

Nah itulah cara menonaktifkan Cortana di windows 10, untuk mengaktifkannya kembali rubah pengaturan Allow Cortana pada Group Policy Editor tadi dari Disabled menjadi Not Configured.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Disable Cortana di Windows 10"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel