b{font-weight:bold;}

5 Teknologi yang Akan Tren Tahun 2020

Salah satu berita yang jadi favorit semua orang ialah seputar teknologi, perkembangan teknologi ini di dukung dengan banyaknya perusahaan yang terus bereksperimen. Diantara banyaknya inovasi luar biasa yang terus hadir tiap tahunnya, ternyata ada loh teknologi terbaru yang akan jadi mainsteream di 2020 nanti. Apa saja itu?.



Berikut uraian lengkap teknologi yang akan menjadi tren di 2020:

1. Internet of Things
Yang pertama dari list ini adalah IoT, sobat idnpedia pernah mendengarnya? seharusnya ia ya. Iot sendiri bahkan sedang dikampanyekan oleh pemerintah, karena Indonesia harus siap menghadapi #RevolusiIndustri 4.0.

Dengan IoT kita bisa membentuk sistem yang sangat kompleks, bahkan kita dapat menggabungkan sebuah -produk-  dengan sensor, penyimpanan data, mikroprosesor hingga sistem konektivitas yang canggih.

Dalam beberapa tahun, teknologi IoT berkembang dengan sangat pesat, diantara "produk" nya yang mencuri perhatian adalah Apple HomePad dan Google Alexa, perangkat ini terus di integrasikan banyak aspek dan terhubung dengan cloud, data yang diterima dikumpulkan, dianalisa, kemudian diproses dengan alur yang kompleks. hasilnya? Pengguna dapat mengontrol apa saja, dimulai dari AC hingga keamanan rumah mereka hanya melalui suara dan personal asisten yang berukuran kecil.

Untuk lebih jelasnya, silahkan sobat simak video dari Edureka berikut ini:


2. Cryptocurrency



Setelah harga Bitcoin yang melonjak pada tahun 2017, pemain besar teknologi mulai menganggap ranah cryptocurrency sebagai hal yang patut diperhitungkan.

Terlepas dari adanya tren penurunan harga yang sangat tinggi terhadap crypto lain seperti Etherum, Litecoin, Zcash beberapa tahun terakhir, tetap saja crypto adalah aset berkinerja terbaik untuk investor berjangka panjang.

Diperkirakan kedepannya, cryptocurenncy menjadi metode pembayaran utama. Metrik lain yang menguatkan prediksi ini ialah sejumlah orang telah tertarik ke blockchain, bahkan negara bagian Ohio menerima pajak dengan Bitcoin loh, asiknya jumlah pedagang yang menerima Cryptocurrency juga semakin meningkat, sebagai contoh: sobat idnpedia bisa order domain dan hosting di namecheap dengan membayar sejumlah bitcoin.

Ketika koin koin ini sudah bekerja dengan sendirinya, dan mengimbangi fluktuasi harga, diharapkan aset aset ini menjadi metode pembayaran utama di tahun 2020.

3. Artificial Intelligence



Biasa juga disebut Kecerdasan Buatan, dulu mungkin tampak seperti sesuatu dari film Sci-Fi, atau hanya sekedar guyonan di masyarakat. Kini jika sobat menyadarinya, istilah AI menjadi booming dan pionir dimana-mana

Bagaimana dengan Sistem AI-nya? ternyata sudah berada di sekeliling kita atau mungkin sudah akrab dengan sobat idnpedia. Mau contohnya? Google Asisten dan Cortana misalnya, dengan bantuan AI ini, sobat bisa memerintahkan mereka untuk melakukan penelusuran internet, mengaktifkan alarm, membuka aplikasi, bahkan berkirim pesan hanya dengan intruksi suara saja, keren =_=.

4. Blockchain



Blockchain adalah database global online terdesentralisasi (tersebar) yang menyatukan cryptocurrency - sistem yang dapat digunakan siapa saja didunia yang terkoneksi ke internet.

Jadi dengan blockchain, transaksi akan berjalan lebih cepat dan murah karena tidak perlu kehadiran pihak ketiga dalam transaksi, soal keamanan pun tidak perlu diragukan, karena kekompleks-an nya jauh melampaui sistem transaksi keuangan pada umumnya.

5. Automation



Automation atau Otomasi adalah teknologi yang menggunakan mesin, elektronik, dan sistem komputer untuk mengoperasikan dan mengendalikan proses produksi maupun transaksi.

Biar lebih paham, kita buat contohnya deh. Sobat tau Amazon kan? nah, salah satu toko online terpopuler, yang selalu memecahkan rekor penjualan terbesar didunia, kira kira berapa banyak karyawan mereka? ternyata sekitar 600 ribuan.
Meskipun demikian, dikutip dari -ecnmag.com- sejak 2017 amazon telah merumahkan lebih dari 20000 karyawannya loh. 

Sependek yang admin tahu, ternyata sistem otomasi di Amazon mulai mendominasi, pada tahun 2012 mereka mengakuisisi Kiva Systems, sebuah perusahaan yang merekayasa robot,
seiring berjalannya waktu, robot yang dibuat Kiva System mulai diintegrasikan dengan gudang amazon, drone pengiriman, kasir otomatis, dll.

Karena serba ter-otomasi akhirnya berimbas ke kuota perekrutan dan jumlah karyawan yang dibutuhkan, dan  kini raksasa industri lain juga mulai mengikuti sehingga mereka dapat bersaing.

Jadi sobat idnpedia, meskipun saat ini teknologi diatas belum terlalu umum diterapkan di Indonesia, namun tidak ada salahnya mempelajari-nya dari sekarang. Jangan lupa, untuk semakin siap menghadpi era Revolusi Industri di tahun 2020, perkaya diri sobat dengan berbagai artikel menarik dari blog ini. Sekian.

~Cheers.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "5 Teknologi yang Akan Tren Tahun 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel