b{font-weight:bold;}

2 Cara Konfigurasi Repository di Debian 8

Tahukah sobat bahwa, hal yang terpenting untuk dilakukan setelah selesai menginstall OS Linux adalah melakukan konfigurasi repository. 
Karena repository ini merupakan tempat penyimpanan ratusan aplikasi atau program yang sangat lengkap dan tersedia untuk dapat diakses melalui internet.



Namun selain melalui internet, sobat juga dapat menggunakan repository lokal menggunakan distribusi dalam bentuk DVD (.iso) yang bertujuan memudahkan apabila internet sobat sedang mengalami masalah atau koneksi yang lambat.
Berikut kami jelaskan cara konfigurasi server repository:

Repository melalui DVD
Cara ini sobat gunakan jika server Debian tidak terkoneksi ke internet, alias hanya untuk jaringan lokal. Kelebihannya adalah pemasangan software biasanya lebih cepat. Berikut perintah yang dapat sobat gunakan untuk menambahkan dvd


Bila sobat ingin menambahkan beberapa DVD bisa mengulangi cara diatas, yakni keluarkan DVD 1 lalu masukkan DVD 2 kemudian ulangi perintah diatas dan begitu seterusnya.

Repository via Jaringan
Untuk instalasi server melalui jaringan, dibutuhkan sebuah server khusus bernama Repository server. Repository server tersebut berisi file file binary dari seluruh paket server sebuah distro linux dimana pada intinya paket tersebut dapat di download , atau bahkan diinstall langsung oleh klien linux melalui jaringan. Semua alamat repository diletakkan di source.list (/etc/apt/sources.list)
Contoh penulisan repository adalah sebagai berikut (server: vlsm.org)

Harap perhatikan tanda pagar (#) pada source list, pada baris kedua repository diatas link terdisable (tidak berwarna) hal ini bertujuan untuk mendisable sumber repository, sobat juga dapat mendisable repository DVD dan hanya menggunakan repository dari internet.
Setelah selesai mengkonfigurasi server repository maka kita harus melakukan update database repository, agar dapat mengenali seluruh paket software yang tersedia dengan perintah berikut


Dan gunakan perintah berikut untuk mengupgrade seluruh program yang telah ada
.

Sekian tutorial dari kami, apabila sobat menemukan masalah saat mengkonfigurasi repository bisa sobat sampaikan disini, dan akan kita diskusikan. Salam

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "2 Cara Konfigurasi Repository di Debian 8"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel