b{font-weight:bold;}

Cara Membuat Partisi di Windows 8 Mudah dan Lengkap Bergambar

Hi sobat, sampai lagi nih di artikel selanjutnya. Ya pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara mengatur partisi pada windows 8, sebenarnya artikel ini sudah saya terbitkan sebelumnya namun karena ada kesalahan, yakni admin nggak sengaja hapus postnya, dan juga admin nggak berhasil mengembalikan postingan nya, dengan terpaksa admin harus menulis hal yang sama untuk kedua kalinya. Hehe
Namun terlepas dari itu semua, admin akan tetap Update blog ini, dengan harapan bisa menjadi sumber rujukan dan sebagai bahan referensi sobat sekalian. Berikut postingan lengkapnya gan:

Partisi adalah bagian-bagian pada media penyimpanan, biasanya digunakan untuk memisahkan sistem operasi dan data pengguna. Tujuan melakukan partisi pada hard disk juga beragam diantaranya, untuk memisahkan data penting, backup data, bahkan untuk melakukan dualboot.
Cara Lengkap Membuat Partisi di Windows 8- Sebelum kita ke inti pembahasan, kita akan mengenali dulu Jenis Jenis partisi pada sistem. Dengan tujuan agar artikel ini lebih kaya informasi dan bisa menambah wawasan sobat sekalian.
Berikut beberapa jenis partisi sistem yang wajib sobat ketahui:
1. Partisi Primary atau partisi utama. Partisi ini dapat anda fungsikan untuk menginstalasi sistem operasi utama anda dan harus diaktifkan terlebih dahulu (active partition). Jumlah maksimal dari partisi ini maksimal empat.
2. Partisisi Extended adalah salah satu jenis dari primary partition. Jenis partisi ini tidak bisa diisi dengan data, hanya sebagai wadah partisi logical. Jumlah maksimal hanya satu.

3. Partisi Logical adalah partisi yang berada di dalam partisi Extended. 

Setelah mengetahui macam macam partisi, kita langsung ke praktik nya gan, Berikut cara membuat partisi di windows 8 secara mudah dan cepat:

1. Buka file explorer (windows + e) lalu klik kanan pada this pc,  kemudian klik manage.



2. Maka akan tampil Computer Management, klik Disk Management. 
3. Setelah terbuka akan terlihat daftar semua partisi yang ada di komputer sobat. Untuk membagi partisi klik kanan pada partisi yang sobat inginkan lalu pilih “Shrink Volume“.




4. Tunggu beberapa saat, kemudian sobat dapat menentukan besarnya partisi yang ingin sobat buat, misalnya disini admin ingin membuat size 15GB. Jadi pada bagian form pengisian size isi dengan angka 15360 (MB). Setelah selesai pilih “Shrink




1GB dalam sistem akan dianggap 1024MB, Jadi sobat jangan keliru ya.
5. setelah selesai maka akan muncul partisi baru dengan tipe Unallocated. Untuk bisa menggunakannya klik kanan lalu pilih “New Simple Volume“, kemudian enter hingga akhir.
5. Buat sobat yang ingin melakukan dual boot partisinya dibiarkan unallocated saja, biar mudah melakukan konfiguras saat melakukan instalasi dualboot nya.


Ini contoh partisi yang sudah saya bagi, saya gunakan 15GB buat sistem kali linux agar bisa dualboot dengan windows.


Sekian yang dapat kemi bagikan, apabila ada pertanyaan bisa sobat sampaikan melalui Kolom Komentar dan akan kami tanggapi dengan senang hati. Semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Partisi di Windows 8 Mudah dan Lengkap Bergambar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel