b{font-weight:bold;}

2 Cara Mengembalikan Windows Yang Hilang Dengan Mudah


Sebenarnya artikel ini berdasarkan pengalaman nyata admin, dimana saat itu admin ingin melakukan dual boot dengan menggunakan windows dan kali linux. Setelah baca baca seputar manfaat dan kekurangan dualboot akhirnya admin memutuskan untuk segera memperaktikkan dual boot dengan kali linux karena tertarik dengan tool nya yang lengkap, jujur- waktu itu motivasi admin melakukan dual boot adalah biar dapat melakukan hacking wifi, dan ternyata admin sukses.

Dual boot sebenarnya tergolong hal yang mudah jika sobat teliti dalam mengerjakan nya, karena setiap sobat menginstal os linux biasanya sudah ada pilihan untuk melakukan instalasi dual boot, jadi tinggal sobat ok saja pilihan itu dan otomatis sobat sukses membuat dualboot.

Sebelum kita terlalu jauh membahas seputar dual boot, mungkin sobat belum tau apakah dual boot itu?

Jadi dual boot adalah suatu keadaan dimana user dapat melakukan atau menampilkan pilihan sistem operasi pada saat proses booting, jadi user dapat memilih booting melalui os apa saja selama itu sudah terinstall di hard disk. Biar lebih mudah dipahami sobat tinggal bayangkan bahwa di harddisk tersebut sudah ada dua sistem operasi, mis: kali linux dan windows. Pada saat menyalakan komputer maka akan tampil BOOT GRUB yang menyediakan pilihan untuk booting melalui salah satu os tersebut. Untuk cara dualboot akan kita bahas lengkap di artikel mendatang. OK

Kembali ke inti permasalahan, pada saat itu os komputer admin adalah windows 8 dan ingin melakukan dual boot, seketika admin siapkan alat tempurnya. Setelah admin melakukan instalasi kali linux malah windows nya hilang, alias pc langsung booting ke kali linux tanpa ada pilihan OS

Apabila sobat mengalami hal yang sama, berikut admin paparkan solusi tercepat  dan lengkap tentunya untuk Mengembalikan windows yang hilang setelah dual boot:

1. Perbaikan GRUB melalui Terminal:
Disini saya asumsikan sobat telah berhasil menginstall kali linux namun windows nya hilang, jadi sobat silahkan booting melalui kali linux lalu masuk ke Terminal. Kemudian ketikkan perintah dibawah ini:
sudo apt-get update
sudo update-Grub
Perintah sudo di os kali linux digunakan untuk melakukan perintah sebagai administrator.
2. Perbaikan Boot Grub melalui media Bootable windows:
Tutorial ini sobat bisa gunakan apabila tutorial diatas gagal, dan pada tahap ini saya asumsikan sobat telah memiliki media bootable windows, Apabila sobat belum memiliki media bootable windows silahkan ke postingan ini.

1. Booting melalui bootable windows yang sudah sobat buat.
2. Pada tampilan windows setup, silahkan sobat tekan Shift + f10 secara bersamaan, maka akan tampil Command Prompt.
3. Silahkan masukkan perintah berikut secara berurut:
Bootrec.exe /fixmbr
Bootrec.exe /fixboor
Bootrec.exe /rebuildbcd
Bootrec.exe /scanos

Sekian yang dapat kami bagikan, semoga dapat bermanfaat dan menjadi bahan rujukan sobat sekalian, dan apabila ada pertanyaan silahkan disampaikan dikolom komentar. Sekian dan Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "2 Cara Mengembalikan Windows Yang Hilang Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel