ANBK

Pengertian ANBK dan Jadwal ANBK 2021

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mengalami perubahan sistem evaluasi pembelajaran selain perubahan nomenklatur Evaluasi Nasional (ANBK) berbasis komputer. Apa bedanya? Kapan jadwal ANBK 2021?

Badan Nasional Standardisasi Pendidikan (BNSP), afiliasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud Ristek), menyatakan bahwa ANBK merupakan program penilaian mutu yang dimiliki oleh satuan pendidikan atau sekolah. ANBK kini resmi menjadi pengganti UNBK yang diluncurkan pada 2019 sebagai produk Merdeka Belajar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Baca Juga :   Jurusan Kuliah Ini Cocok untuk Kamu yang Suka Matematika

Secara umum ANBK merupakan penilaian yang dilakukan di semua jenjang sekolah, mulai SD, SMP, SMA/Profesi dan sederajat. Berbeda dengan UNBK yang dilaksanakan pada akhir tahun pelajaran, ANBK akan dilaksanakan di kelas 5 SD, 8 SMP, dan 11 SMA. Program ANBK mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan dalam bentuk input, proses, dan hasil, bukan menilai kinerja siswa secara individual.

Baca Juga :   Contoh Program C++ Menghitung Biaya Air PDAM

AN dirancang sebagai alternatif ujian nasional dan standar sekolah, sekaligus sebagai tanda perubahan paradigma penilaian pendidikan. Di sisi lain, yang kadang disebut UNBK atau ujian berbasis komputer (CBT) adalah sistem yang menggunakan komputer sebagai media ujian untuk melakukan ujian nasional.

Baca Juga :   Negara Selain China yang Buat Matahari Buatan

Di sini, UNBK hanya mengevaluasi nilai siswa SD, SMP, dan SMA sesuai standar nasional.

Kategori pengukuran ANBK 2021

ANBK terdiri dari tiga bagian berikut.

  1. Penilaian Kapasitas Minimum (AKM)
    Pengukuran literasi membaca dan daya komputasi sebagai hasil pembelajaran kognitif.
  2. Survei karakter
    Pengukuran sikap, kebiasaan, dan nilai sebagai hasil belajar nonkognitif.
  3. Survei survei lingkungan
    Mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang mendukung pembelajaran.
Baca Juga :   11 Situs Belajar Bahasa Inggris Online Terbaik untuk Sobat

Jadwal ANBK 2021

Berikut jadwal pelaksanaan AKM dalam program ANBK, berdasarkan hasil pertemuan antara Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi Nadiem Makarim dengan Panitia XDPR-RI.

  1. SMK dan Paket C: 20-23 September 2021.
  2. SMA dan MA: Minggu 4 September 2021.
  3. SMP dan MTS: Minggu pertama September 2021.
  4. SD: Minggu kedua Oktober 2021.
Baca Juga :   Project Membuat Web Surat Izin Sekolah + Source Code

ANBK awalnya memiliki jadwal pelaksanaan pada Maret 2021, namun karena pelaksanaan PPKM dan evaluasi positif Covid-19 di Indonesia, Kementerian Pendidikan menunda jadwal dari September menjadi Oktober 2021. bottom.

Pada ANBK semester II tahun 2021, responden siswa dipilih secara acak dan satuan pendidikan memiliki jumlah siswa SD/MI sebanyak 30 siswa, siswa SMP/MTs 45 siswa, dan siswa SMA/pekerjaan/MA sebanyak 45 siswa.