asuransi mobil syariah

Asuransi Mobil Syariah

Asuransi Mobil Syariah – Mobil ataupun motor merupakan aspek penting dalam kehidupan. Pasalnya, hampir semua aktivitas manusia sehari-hari melibatkan alat trasportasi tersebut. Seperti pergi bekerja, belanja bareng keluarga, mengantar anak sekolah dan lainya. Oleh karena itu, perawatan dan keamanan alat transportasi pribadi harus diperhatikan.

Meskipun kita hanya memiliki waktu 24 jam sehari, kita tentu tidak mungkin menghabiskan seluruh waktu itu untuk merawat dan menjaga alat transportasi. Oleh karena itu, mendaftarkan asuransi mobil atau motor menjadi pilihan terbaik saat ini. Kamu bisa memilih asuransi mobil konvensional ataupun asuransi mobil Syariah.

Kali ini Idnpedia akan memberikan informasi terkait asuransi mobil Syariah lengkap buat kamu. Simak terus ya sahabatidn!

Asuransi Mobil Syariah

Asuransi Mobil Syariah merupakan produk yang menjamin risiko kerugian finansial mobil berdasarkan Undang-Undang Syariah.

Risiko masalah termasuk kecelakaan di jalan, bencana alam, kebakaran, kerusakan dan kerusakan akibat kerusuhan.

Sebaiknaya semua pengendara perlu meningkatkan kewaspadaannya ketika berkendara dijalan raya. Bukan hanya demi keselamatan jiwa orang yang menaikinya. Namun juga demi keamanan kendaraan itu sendiri.

Baca Juga :   5 Fakta Asuransi Syariah yang Wajib Kamu Tahu!

Patut diingat bahwa hilangnya korban kecelakaan tidak hanya kehilangan nyawa, tetapi juga kerugian serius yang dapat membebani keluarga korban.

Manfaat Asuransi Kendaraan Syariah

Lebih Transparan

Prinsip Syariah yang digunakan membuatnya lebih transparan. Tentunya tertanggung sebagai pemilik dana sosial perlu mengetahui dimana dan seberapa besar dana tersebut dikelola. Tidak hanya itu, Aksesnya juga harus dipermudah.

Bebas Riba

Jika Anda merasa resah dan tidak nyaman karena produk keuangan Anda termasuk riba, tentunya Anda bisa lebih tenang dengan mengambil Asuransi Mobil Syariah. Pasalnya, akad gotong royong oleh asuransi mobil syariah telah menghilangkan unsur riba dalam asuransi.

Lebih Aman

Perusahaan asuransi mobil syariah tidak hanya diawasi oleh OJK. Perusahaan Asuransi Syariah juga diawasi oleh Dewan Pemeriksa & Pengawas Syariah (DPS) yang mewakili Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI. Sehingga bisa dipastikan oleh perusahaan asuransi syariah lebih aman karena mendapat pengawasan lebih, dan tentunya juga lebih ketat.

Baca Juga :   Asuransi Syariah Terbaik di Indonesia Tahun 2021

Lebih Untung

Asuransi Mobil Syariah memungkinkan pemegang polis untuk menikmati sisa dana sosial yang digunakan untuk membayar klaim asuransi mereka jika tidak diklaim sepanjang tahun. Sisa uang langsung masuk ke rekening pribadi tertanggung dengan persentase yang disesuaikan.

Hal ini terjadi karena dengan Asuransi Kendaraan Bermotor Syariah, peserta tertanggung adalah pemilik seluruh premi atau iuran yang dibayarkan. Oleh karena itu, sebagai pemilik tentunya jika Anda memiliki kelebihan atau sisa dana, Anda akan menerima sejumlah dana tersebut.

Jenis Asuransi Kendaraan Syariah

Berdasarkan persentase risiko yang ditanggung, asuransi mobil terdiri dari tiga jenis.

Comprehensive

Asuransi mobil ini merupakan jenis perlindungan mobil atau motor terlengkap. Pasalnya, kriteria risiko yang ditanggung mulai dari kerusakan kecil, sedang dan besar. Mobil tergores, penyok di bodi mobil, tabrakan, kehilangan unit kendaraan, dll.

Total Loss Only (TLO)

TLO ini hanya dapat mengklaim manfaat jika kondisi kendaraan mencapai 75% kerusakan. Dalam arti lain, mobil dan sepeda motor hancur dan tidak dapat digunakan.

Baca Juga :   Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Selain itu, manfaat dapat dibayarkan jika kendaraan dicuri. Tentu saja informasinya sudah lengkap di support file dan bisa dijelaskan dengan detail pencuriannya.

Collision Coverage

Perusahaan asuransi hanya membayar santunan jika terjadi kecelakaan pengemudi di dalam kendaraan. Selain itu, premi untuk jenis asuransi ini juga paling rendah dari kedua jenis asuransi mobil syariah, karena cakupannya tidak terlalu luas.

Asuransi Mobil Syariah Terbaik

Setiap produk asuransi mobil menurut hukum Islam hampir sama. Satu-satunya perbedaan adalah kualitas layanan dan jumlah manfaat yang ditawarkan.

Terutama saat mengajukan klaim asuransi, sebaiknya membandingkan dari segi layanan yang diberikan, luasnya jaringan, dan kemudahan akses langsung ke perusahaan asuransi.

Asuransi Mobil Astra Buana Syariah

Asuransi Astra memiliki Garda Oto Syariah yang memberikan layanan pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip syariah yang saling mendukung.

Garda Oto Syariah akan menerapkan skema bonus tanpa biaya atau bagi hasil jika pelanggan tidak mengenakan biaya. Persentasenya bisa mencapai 50%, namun persentase pastinya berdasarkan perhitungan laba perusahaan.

Baca Juga :   Manfaat, Jenis, dan Cara Asuransi Yang Tepat

Asuransi Mobil Syariah Takaful

Asuransi Takaful Umum memberikan perlindungan khusus untuk jenis kendaraan non bus atau non truk, bus, truk, pikap, dan sepeda motor non komersial.

Ada dua jenis asuransi mobil bergaransi standar: pertanggungan kerugian menyeluruh dan sebagian.

Selain itu, jenis kerugian total, atau yang disebut dengan kerugian konstruksi total, yaitu klaim yang disebabkan oleh suatu kecelakaan dimana biaya perbaikannya minimal 75% dari harga sebenarnya.

Asuransi Mobil Otomate Syariah

Produk asuransi mobil asuransi ACA. Asuransi Mobil Syariah All Risk Automate menjamin perlindungan atau perlindungan terhadap kerugian yang tidak disengaja, serta kehilangan atau kerusakan.

Disebut asuransi otomatis karena merupakan produk asuransi yang dikemas secara khusus yang dilengkapi dengan beberapa fasilitas, antara lain:

  • Mobil pengganti.
  • Perbaikan darurat.
  • Truk derek dan ambulans.

Asuransi Mobil Garda Oto Syariah

Asuransi Garda Oto Syariah juga menawarkan skema bonus non tagihan dan bagi hasil jika nasabah tidak melakukan tagihan pada periode sebelumnya. Bagi hasil didasarkan pada perhitungan keuntungan perusahaan dan kemudian dibagikan kepada pelanggan.

Baca Juga :   Mengenal Jenis dan Produk Asuransi Syariah

Perbedaannya hanya pada aturan dan kontrak, tetapi biaya atau harga asuransi tetap sama dengan layanan tradisional Astra Gardaoto dan Gardaoto Syariah, termasuk pengemasan, jaringan bengkel mitra, layanan pelanggan, dan fasilitas Gardaoto lainnya.

Asuransi Mobil Autocilin Ikhlas

Autocillin Ikhlas Auto Insurance adalah Asuransi Kendaraan Bermotor Syariah dari Adira Insurance.

Polis ini menawarkan opsi untuk mengubah kontribusi premi sesuai dengan kebutuhan nasabah, baik perlindungan menyeluruh maupun total loss only (TLO), terlepas dari produk yang dipilih.

Tidak hanya itu. Jika tidak ada klaim asuransi yang diajukan, nasabah juga berkesempatan memperoleh bagi hasil di akhir periode.

Perlindungan kredit mobil Adira Syariah dari asuransi mobil Autocillin Ikhlas meliputi:

  • Kompensasi untuk pihak ketiga.
  • Santunan kecelakaan bagi pelanggan.
  • Kompensasi untuk biaya pengobatan.
  • Kompensasi untuk kerusakan mobil akibat banjir, angin topan, dan gempa bumi.
  • Kerugian akibat pemogokan dan kerusuhan.