Terpotong masih bisa hidup

Ajaib Hewan Ini Masih Hidup Meskipun Sudah Terpotong

Umumnya setiap makhluk hidup yang bernyawa pasti akan mati termasuk juga hewan. Namun beberapa kejadian ajaib pernah terekam kamera saat hewan yang dianggap sudah mati malah tampak hidup kembali.

Kali ini Idnpedia akan memberikan informasi mengenai alasan hewan yang sudah di potong tetapi masih bisa bergerak. Semua itu terjadi karena adanya penjelasan yang masuk akal loh. Yuk simak beberapa hewan yang masih bergerak meskipun sudah terpotong.

Hewan masih bergerak meskipun sudah terpotong

Ular

Kelompok reptil ini terkenal sebagai salah satu predator mematikan di alam liar dan tersebar di seluruh dunia. Selain mematikan ternyata ular dikenal mampu hidup meski kepalanya telah dipotong. seperti video video dibawah ini.

Baca Juga :   7 Fakta Indoneisa yang Mendunia

Dalam rekaman video tampak ular-ular tersebut masih mampu membuka mulutnya meski kepala dan tubuhnya telah terpisah. Menurut Steven Beaupre ahli biologi dari University of Arkansas alasan kenapa ular masih bergerak setelah mati karena gatel ini tergolong hewan berdarah dingin. Ia menyebut tular masih memiliki refleks setelah mati bahkan reflek tersebut masih bisa muncul setelah beberapa jam Setelah mati.

Selain itu reflek ini juga dipicu oleh ion-ion atau partikel bermuatan listrik yang masih ada di sel-sel saraf ular. Ketika saluran syaraf terbuka ion akan bergerak sehingga otot tulang masih bergerak seperti yang di video diatas.

Baca Juga :   Mengapa Rekaman Suara Black Box Pesawat Dirahasiakan

Gurita

Bagi penggemar seafood mungkin mengetahui kalau gurita adalah salah satu hewan yang terkenal dengan kelezatannya. Tapi kita ingin di masa hewan satu ini ternyata sulit untuk mati. Terlihat dalam beberapa hidangan masakan kalau gurita masih bisa bergerak-gerak padahal anggota tubuhnya telah dipotong menjadi bagian yang lebih kecil.

Alasan mengapa gurita ini masih bisa bergerak meski telah mati karena ia memiliki jumlah neuron yang sangat banyak di tubuhnya. Gurita dan kerabat cephalopoda diperkirakan mempunyai 500 juta neuron lebih banyak dibanding hewan invertebrata lainnya.

Baca Juga :   Berapa Besar Peluang Kita Selamat dari Kecelakaan Pesawat

Uniknya lagi nih guys 30% neuron-neuron tersebut berada di otak dan 70% sisanya berada di 8 tentakelnya. Jumlah neuron yang lebih banyak ditempel ini membuat sistem gerak gurita menjadi berbeda. kita mungkin mengira bahwa otak guritalah yang mengendalikan gerakan tentakel-tentakelnya. Namun faktanya Enggak seperti itu, gurita cukup memberikan perintah dasar ke 8 tentakelnya kemudian akan dieksekusi sendiri-sendiri oleh tentakel itu. Maksudnya tentakel itu bisa menerima perintah yang sama namun punya jalur tersendiri dalam bergerak.

Baca Juga :   11 Gambar Motivasi Hidup yang Inspiratif

Para ilmuwan mengetahui hal ini dari hasil gerakan ke 8 tentakel gurita yang mana tentakel itu bergerak secara independent. Penjelasan ini kemudian menjadi rujukan Mengapa gurita masih bisa hidup mesti Sudah terpotong dari tubuhnya. Banyaknya neuron dalam satu Tentacles akan membuatnya tetap terjaga dalam waktu yang lama.

Sepotong Daging

Selanjutnya ada sebuah video viral di Twitter yang memperlihatkan sepotong daging yang masih bergerak saat hendak dimasak. Video yang diunggah oleh akun Twitter @trerororo itu menanyakan kenapa daging korbannya bisa bergerak.

Dokter hewan supratikno dari Institut Pertanian Bogor mengatakan video yang dan masih bergeraknya daging setelah dipotong adalah kejadian yang normal dan biasa terjadi. Ia menyebut meski secara klinis hewan itu sudah mati tapi secara seluler ototnya masih hidup dengan sisa energi yang ada dan keterbatasan pasokan oksigen maka serabut otot hewan itu akan berkontraksi secara tidak beraturan. Jadi nggak perlu khawatir dengan kejadian ini ya.

Baca Juga :   33 Gambar Ini Mengandung Makna yang Mendalam

Itulah beberapa hewan yang masih bisa bergerak meskipun sudah dipotong atau mati ya. Jadi kamu jangan kaget lain kali karena semua yang terjadi ada alasan ilmiahnya ya. Semoga artikel ini bermanfaat.