jenis asuransi

Manfaat, Jenis, dan Cara Asuransi Yang Tepat

Asuransi merupakan perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang polis yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi. Premi itu digunakan sebagai pengganti kepada pemegang polis karena kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita pemegang polis karena terjadinya suatu peristiwa.

Disamping itu asuransi juga memberikan pembayaran yang didasarkan meninggal atau hidupnya pemegang polis dengan manfaat yang besarannya didasarkan pada hasil pengelolaan dana.

Asuransi bermanfaat sebagai bentuk pengendalian resiko. Disamping itu asuransi secara sekunder berfungsi untuk merangsang pertumbuhan usaha, mencegah kerugian serta tabungan. beberapa jasa asuransi juga menambahkan fungsinya sebagai investasi dana dan Invisible earnings.

Jenis-jenis Asuransi di Indonesia

Idnpedia kali ini akan bahas tentang jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia. Pada umumnya di Indonesia memiliki jenis-jenis asuransi yang bermacam-macam. Tapi kali ini kita akan membahas empat jenis asuransi yang ada di Indonesia

Asuransi kesehatan

asuransi kesehatan sendiri adalah asuransi yang memberikan jaminan perlindungan biaya perawatan apabila tertanggung terkena sakit atau kecelakaan. Jadi apabila nanti nasabah atau pihak tertanggungnya sakit atau mengalami perawatan maka nanti akan ada sejumlah dana yang mengganti biaya perawatan tersebut.

Baca Juga :   Asuransi Syariah Terbaik di Indonesia Tahun 2021

Asuransi kesehatan ini sudah tidak asing karena di Indonesia sendiri sudah memberikan asuransi kesehatan kepada masyarakat.

Asuransi jiwa

Beberapa orang masih belum paham perbedaan antara asuransi kesehatan dengan asuransi Jiwa. Gampangnya kita ibaratkan asuransi jiwa ini merupakan asuransi kematian jadi asuransi jiwa tersebut akan memberikan sejumlah uang pertanggungan apabila tertanggung nya terkena resiko meninggal dunia. Jika yang tertangung masih hidup maka uang pertanggngannya tidak akan keluar. Namun asuransi jiwa sendiri itu memiliki beberapa perbedaan tergantung asuransi apa yang kita ambil. Jadi ada yang sistemnya asuransi jiwa jangka pendek ada yang asuransi jiwa seumur hidup. Nah itu dia berbeda-beda tergantung produk asuransi yang diambil.

Asuransi Pendidikan

asuransi pendidikan sendiri merupakan program yang merencanakan biaya pendidikan anak. Setiap tahun di Indonesia ini mengalami inflasi pendidikan yang cukup besar angkanya. Nah jadi Artinya kita tahu biaya pendidikan setiap tahun semakin meningkat dan semakin mahal maka sangat banyak para orang tua yang merencanakan dana pendidikan anaknya dalam bentuk asuransi.

Baca Juga :   5 Fakta Asuransi Syariah yang Wajib Kamu Tahu!

Keunggulan dari asuransi pendidikan sendiri itu ada jaminan yang namanya perlindungan orang tua. Contohnya ketika terjadi resiko sepanjang perjalanan tertanggung membayar asuransi misal orang tuanya terkena musibah cacat total atau sakit kritis atau bahkan sampai tutup usia maka biasanya si anak akan mengalami bebas premi. Anak tersebut akan mendapatkan jaminan biaya pendidikan gratis sampai anak tersebut berusia 25 tahun.

Makanya tidak jarang kita jumpai orang tua akan sangat peduli untuk merencanakan biaya pendidikan anaknya dalam bentuk asuransi. Orang tua juga menyediakan dan menjamin biaya pendidikan anak agar tujuannya tercapai.

Asuransi umum

Asuransi umum merupakan pergantian sejumlah dana terhadap sesuatu seperti benda contoh asuransi mobil, asuransi bangunan ketika terjadi risiko kerusakan kecurian akan ada dana pergantian dari perusahaan asuransi.

Manfaat asuransi

Beri ketenangan

Asuransi membawa kedamaian bagi pemegang polis. Kami beralih dari risiko, yang awalnya risiko, ke perusahaan asuransi.

Memberikan rasa aman

Sekalipun ada risiko menimbulkan kerusakan atau kerugian, Anda dapat menggunakannya dengan percaya diri karena Anda memiliki asuransi yang melindungi dan menjamin aset dan properti Anda dari risiko yang tidak terduga.

Baca Juga :   Asuransi Mobil Syariah

Mendukung investasi

Jika seorang pengusaha ingin mendapatkan kredit dari bank, nasabah harus memiliki polis asuransi sebagai persyaratan wajib sesuai aturan bank. Asuransi tabungan pendidikan dan asuransi jiwa dan investasi, mengingat asuransi yang ditambahkan pada return on investment misalnya sangat berguna untuk kebutuhan mendesak menyekolahkan anak, sangat bermanfaat bagi nasabah untuk melakukan investasi, sudah jelas.

Kelola keuangan Anda

Membeli asuransi berarti keluarga atau perusahaan Anda harus menganggarkan untuk membayar premi untuk jangka waktu tertentu. Individu atau bisnis perlu mengelola pendapatan mereka dengan hati-hati agar dapat membayar premi tepat waktu.

Asuransi sebagai upaya meminimalkan risiko

Karena risiko muncul dan cenderung lebih lama, perusahaan asuransi dengan skema yang berbeda mencoba membatasi risiko kerugian pada level/tingkat tertentu. “Menghilangkan risiko” memang sulit, namun asuransi dapat membantu meminimalkan risiko yang ada (minimize risk).

Memberikan kompensasi kepada pelanggan

Perusahaan asuransi adalah pihak yang memberikan/membayar ganti rugi kepada pemegang polis atau tertanggung sebagai kesepakatan antara penanggung dan tertanggung berdasarkan kontrak asuransi.

Baca Juga :   Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Asuransi memberikan perlindungan

Untuk kehilangan pendapatan keluarga atau kehilangan kepala keluarga yang menanggung pendapatan. Salah satu solusi untuk memprediksi potensi kehilangan pendapatan seorang kepala keluarga yang mencari nafkah untuk keluarga adalah dengan membeli asuransi jiwa.

Mengurangi beban biaya pengobatan

Asuransi memberikan manfaat ketika tertanggung mengalami penyakit tertentu, sehingga Anda harus membayar biaya pengobatan dan perawatan rumah sakit yang sangat tinggi. Oleh karena itu, asuransi kesehatan menjadi salah satu solusi yang bisa Anda pertimbangkan.

Mendukung kinerja

Asuransi dilindungi dan dijamin oleh perusahaan asuransi, sehingga Anda dapat lebih mengoptimalkan kinerja Anda. Oleh karena itu, pekerja menjadi lebih antusias dan menghasilkan tingkat produktivitas yang lebih tinggi, sehingga menghasilkan pendapatan.

Tips Cara memilih asuransi untuk pemula

Beradaptasi dengan kemampuan finansial

Pilih produk asuransi yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Anda dapat mengalokasikan anggaran premi sesuai dengan kemampuan pribadi Anda. Pastikan premi Anda tidak mengganggu keuangan kami.

Muda melek asuransi

Status kesehatan juga dapat mempengaruhi harga premi produk asuransi. Oleh karena itu, pastikan untuk membeli produk asuransi di usia muda dan sehat.

Baca Juga :   Mengenal Jenis dan Produk Asuransi Syariah

Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Ada berbagai produk asuransi seperti kesehatan, jiwa, pendidikan, kendaraan dan gadget. Pilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Sedikit saran, Anda tidak perlu membeli produk asuransi dengan banyak fitur tambahan yang sebenarnya tidak Anda perlukan, karena harga preminya naik.

Lihat kinerja perusahaan asuransi

Asuransi kesehatan dan asuransi jiwa memiliki masa penggunaan jangka panjang. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecekan apakah kredibilitas dan kondisi keuangan perusahaan stabil. Tentu saja, Anda dapat membaca tentang ini di internet. Termasuk sejarah dan kesaksian dari orang lain. Anda juga dapat memeriksa apakah perusahaan asuransi Anda terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca kebijakan dengan seksama

Jangan lalai membaca kebijakan. Hal utama yang perlu diingat adalah seperti apa klausul penagihan saat Anda membutuhkannya. Selain itu, cari tahu rumah sakit/klinik mitra mana saja yang berasal dari perusahaan asuransi ini. Pilih perusahaan asuransi yang memiliki banyak mitra puskesmas yang berkualitas.