Memilih Jurusan Kuliah

Tips Memilih Jurusan Kuliah Supaya Kamu Tidak Salah Masuk Jurusan

Sebanyak 87 persen mahasiswa mengaku salah jurusan. Berdasarkan penelitian tahun 2017 sebanyak 87 persen mahasiswa mengaku salah jurusan dan 71,72 pekerja memiliki profesi yang tidak sesuai dengan pendidikannya.

Menentukan jurusan itu penting banget buat kita urusan memilih jurusan itu emang nggak bisa kita sepelekan karena pilihan jurusan akan berpengaruh besar terhadap kehidupan kita.

Bayangkan aja nih kalian harus bangun pagi dan dan segala macam nyari angkutan untuk masuk ke kampus dan itu kalian lakukan selama berminggu-minggu bertahun-tahun hingga akhirnya kalian bisa lulus dari universitas itu. Coba deh bayangin kalau kalian masuk dijurusan yang enggak kalian suka akibatnya adalah kalian cape sendiri. Sayang banget kan udah kuliah habisin duit banyak dan mahal tapi tiap hari cuma mengeluh terus kemudian ujung-ujungnya kuliahnya nggak serius dan akhirnya DO (Drop Out).

Baca Juga :   Bank Soal Try Out SBMPTN UTBK 2021

Masalah-masalah tadi muncul akibat kita salah memilih jurusan, jangan sampai kita udah kuliah lama terus akhirnya di Drop Out karena salah jurusan. jadi ini adalah beberapa cara untuk menentukan jurusan yang tepat untuk diri kalian.

Tips Memilih Jurusan Kuliah Supaya Kamu Tidak Salah Masuk Jurusan

Menyesuaikan Dengan Keinginan

Kunci sukses pertama adalah memilih jurusan yang cocok untuk kamu. Kamu wajib mengetahui dulu minat dan passion terlebih dahulu agar tidak salah memilih jurusan. Misalnya kamu memiliki ketertarikan kuat pada cabang ilmu sains atau IPA maka kita memilih jurusan yang tepat seperti kedokteran, biologi, kimia dan lainnya.

Baca Juga :   Berapa Tinggi Badan Doraemon?

Motivasi Diri

Motivasi diri sama dengan mengetahui tujuan utama pendidikan tinggi kamu loh. Memiliki motivasi yang kuat agar kamu bisa menjalani pendidikan di bangku kuliah hingga selesai.

Melihat Potensi

Kamu ingin menjadi seorang dokter namun tidak memiliki kemampuan yang mumpuni pada pelajaran IPA tentu akan menyulitkan langkahmu kedepannya. Sebaiknya melihat potensi diri sendiri sebelum menentukan jurusan yang tepat.

Baca Juga :   Lebih Sulit Mana, Soal Olimpiade atau SBMPTN?

Menyesuaikan Kepribadian

Kepribadian seseorang menentukan karir yang sesuai nantinya. Misalnya kamu ingin menjadi jurnalis tentu dibutuhkan kemampuan menggali informasi dan kecakapan komunikasi. Tipikal pendiam sangat tidak cocok dengan karir seperti ini. Nah memilih jurusan pun sebaiknya menyesuaikan dengan kepribadian

Jangan Mengikuti Orang Lain

Memilih jurusan karena mengikuti teman sangat tidak disarankan bagi kamu yang ingin sukses kuliah. Pilih jurusan yang berdasarkan pilihan pribadi bukan sekedar mengikuti jejak orang lain.

Prospek Kerja

Pastikan kamu memiliki gambaran karir cemerlang nantinya sebelum memilih jurusan. Misalnya kamu memilih jurusan akuntansi, bekerja di perkantoran atau bank sangat ideal untuk untukmu nanti. jurusan lain pun harus memiliki prospek masa depan.

Baca Juga :   Mengapa Jam HP Tidak Berhenti Meski HP Sedang OFF?

Latar Belakang Lulusan

Tidak ada salahnya kalau kamu mencari tahu latar belakang jurusan tersebut. Selain mempengaruhi karir latar belakang lulusan jurusan bisa memberikan pertimbangan yang lebih matang boleh juga melakukan konsultasi dengan orang yang berpengalaman di jurusan tersebut.

Akreditasi

Kalau kamu memang berniat kuliah di perguruan tinggi, cek kembali nilai akreditasi jurusan tersebut khususnya perguruan tinggi swasta. Dengan kamu mencari tahu nilai akreditasi, kamu bisa melihat berapa skor yang dimiliki oleh jurusan tersebut di kampus-kampus yang berbeda tentunya. Akreditasi juga mempengaruhi proses lamaran kerja atau melanjutkan pendidikan lanjutan.

Baca Juga :   Cara Kerja Kompresi Berkas pada Komputer

Biaya Kuliah

Pilihan jurusan harus dipertimbangkan dengan cermat, termasuk masalah biaya. Kemampuan orang tua dan dukungan finansial perlu diperhatikan sampai akhir program pembelajaran. Pendidikan universitas membutuhkan waktu.

Nah itu dia informasi yang idnpedia berikan untuk kamu yang ingin memilih jurusan kuliah semoga tips tersebut dapat bermanfaat bagi kamu ya. Jangan lupa juga untuk share artikel ini supaya lebih banyak lagi yang mendapatkan manfaatnya. Salam sukses ya.