Cara Menghubungkan Virtual Box ke Internet Mudah

VirutalBox adalah salah satu virtual machine yang populer. Seperti komputer asli pada umumnya, VirtualBox juga bisa kita hubungkan ke jaringan atau internet. Dalam VirtualBox terdapat beberapa jenis network adapter, tentu setiap network adapter memiliki spesialisasinya masing-masing. Karena kita tidak akan bahas panjang lebar menganai itu, silahkan baca dulu artikel berikut:

Baik kali ini saya akan coba tunjukan bagaimana cara sharing koneksi koneksi internet yang kita dapatkan dari wi-fi atau LAN ke VirtualBox agar kita bisa berinternetan di virtualbox. Jadi, kalau kamu mau bereksperimen dengan jaringan (meskipun sederhana), cukup menggunakan satu komputer saja, karena didalamnya sudah terdapat komputer virtual yang juga terhubung ke internet.

Dalam tutorial ini, saya asumsikan komputer atau laptop sudah terkoneksi dengan Wi-Fi ataupun LAN.

Pada VirtualBox, kita setting dulu network adapter-nya menjadi “Jaringan Hanya Host” atau “Host-Only Adapter” (lihat gambar di bawah agar lebih jelas). Klik icon “+”Setelah itu, klik OK.


Buka Network and Sharing Center, caranya klik kanan icon network adapter, lalu klik Open Network and.. .


Nah, jika komputer sudah terhubung ke jaringan LAN, nanti akan muncul list koneksinya seperti di gambar. Kemudian kamu klik Local Area Connenction.

Akan muncul jendela baru,  LAN Status, klik Properties.


Setelah muncul kotak dialog Local Area Connection Properties, buka tab Sharing, beri centang pada “Allow other network…“, dan networking connection pilih “VirtualBox Host-Only Adapter“. Jika sudah klik OK.


Setelah semua disetting dengan benar, maka virtual box sudah bisa terhubung ke internet. Kalau masih bingung, silahkan bertanya dikolom komentar.
Sekian dulu, kalian juga bisa baca buku Sakti Hacker, Kenapa Indonesia tidak Mencetak Uang Sebanyak-banyaknya atau jelajahi web ini dan temukan artikel menarik lainnya.
~ Cheers
Baca Juga :   Trik Licik Dalam Pemasaran yang Harus Kamu Sadari

4 comments

  1. Kalau masih tdk bisa?

    • Harusnya sih sudah bisa, jika masih tidak bisa, pemberitahuan yang muncul apa? biar kami carikan solusinya.

    • Min kalo pilihan VirtualBox Host-Only nya ga ada gimana ya? jadi cuman ada tulisan allow doang.. yang ada 2 itu. ga ada kolom Adapternya

  2. Klik OK saja gan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *